Cing Ucup, Perajin Ondel-Ondel Yang Masih Bertahan Di Era Milenial

Tangerang (18/06/2019) Satubanten.com,- Kota Tangerang sebagai kota multietnis, memiliki beragam kebudayaan. Salah satu budaya yang kental di Tangerang yakni Budaya Betawi.

Berbicara soal Budaya Betawi, identik dengan maskot yang satu ini. Ya betul banget, ondel-ondel. Buat kalian yang hendak menyewa atau membeli ondel-ondel, kalian bisa menggunakan jasa Supriyadih alias disapa Cing Ucup.

Cing Ucup telah menggeluti dunia ondel-ondel sejak lima tahun lalu. Mulai dari ondel-ondel ukuran besar hingga miniatur ondel-ondel juga ada, selain itu dirinya juga menjual perlengkapan pakaian beksi khas Betawi Tangerang.

“Awalnya baju, lalu lama-lama ada yang pesen ondel-ondel, eh jadi keterusan deh,” ujarnya dia sambil membuat pesanan ondel-ondel, Selasa (18/06) di pekarangan rumahnya.

Kata Cing Ucup, untuk membuat ondel-ondel diperlukan berbagai material seperti, bambu ikat dan kawat sebagai kerangka, resin, talek, mateserta katalis untuk membekukan adonan. Lalu, adonan tersebut dioleskan sesuai cetakan.

“Tinggal tunggu aja sampai adonan topeng telah keras dan keker. Jadi saat digunakan bagus dan kuat,” katanya.

Harga yang ditawarkan relatif terjangkau mulai dari Rp3,8 juta untuk satu pasang ondel-ondel besar, Rp200 ribu untuk sepasang ondel-ondel mini, dan baju beksi mulai dari Rb170.

“Untuk pemesanan bisa menghubungi nomor 081211701252 atau follow akun Instagram @galeri_sibetok_ ,” pungkasnya. (SBS09/Hms)

You might also like
Comments
Loading...