Cegah Penumpukan Antrian di Pelabuhan Merak, Pemudik Dihimbau Berangkat Siang

Serang (29/5/2019) Satubanten.com – Puncak arus mudik yang akan melewati Pelabuhan Merak, Banten diprediksi terjadi mulai 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

Polda Banten Bersama instansi terkait sudah melakukan koordinasi dan akan melakukan Upaya-upaya untuk mengurangi penumpukan pemudik di pelabuhan penyeberangan Merak. Diantaranya akan dilakukan pengalihan untuk kendaraan Truk ke Pelabuhan Bojonegara Cilegon, Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menghimbau agar pemudik melakukan perjalanan siang hari untuk mengurangi penumpukan antrian di pelabuhan Merak.

“Kalau siang hari kondisi angkutan kita stabil, artinya tidak terjadi antrian penumpukan roda 4. Upayakan penyebrangan di siang hari kecuali sangat terpaksa. Sehingga diharapkan beban puncak daya angkutnya yang terbatas bisa berkurang,” ujar Kapolda dikutip Bidhumas,Selasa (28/5).

Selain itu, Polda Banten akan menyiakan 3 dermaga untuk mempercepat bongkar muat jika menghadapi penumpukan. Singkatnya, kapal muatan berangkat penuh ke Bakauheni, dari Bakau kembali kosong karena untuk mengurangi arusnya lebih banyak dari Jawa ke Sumatera.

“Berangkat isi penuh, khusus 3 dermaga balik cepat kosong ga ngetem di Bakauheni. Sehingga tripnya bisa bertambah, isi lagi dari Merak untuk dipercepat ke Bakauheni, itu salah satu upaya-upaya yang kita lakukan untuk mengurangi antrian,” imbuhnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...