Cara Menjaga Kesehatan Selama Liburan

SatuBanten- Saatnya liburan tiba dan bersenang-senang menghabiskan setiap waktu tanpa terlewatkan semenitpun. Anda pasti tidak inginkan ada hal yang menggangu saat liburan kan? Saat liburan datang sakitpun bisa tiba-tiba datang menyerang tubuh Anda. Karena kondisi yang lelah selama perjalanan sehingga tubuh juga perlu menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada, bahkan dengan kondisi cuaca dan suhu yang berbeda.

“Tetap sehat selama liburan tidaklah sulit jika Anda tahu apa yang harus dilakukan,” kata internis di Lenox Hill Hospital di New York City, Dr. Keri Peterson, seperti dilansir laman Fox News, Sabtu (20/12/14).

Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah kesehatan yang paling sering terjadi saat berlibur menurut Dr. Peterson:

1. Hindari hotspot kuman

Suhu dingin dan tak terduga berarti Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan. Peterson mengatakan, setiap saat ada banyak orang yang menggunakan ruang yang sama dan pastinya ada lebih banyak paparan lebih kuman.

“Orang-orang lebih memilih berolahraga di gym daripada pergi ke taman sehingga peralatan olahraga adalah kuman hotspot besar. Juga, orang cenderung berbelanja di mal. Gagang pintu dan pegangan eskalator sangat germy, ” kata Peterson.

Menggunakan pembersih tangan ketika Anda pergi ke tempat-tempat umum dapat membantu memastikan bahwa Anda tidak membawa kuman flu pulang dengan anda.

2. Jangan menyebarkan kuman ke teman-teman dan keluarga

Ada cara untuk menghindari penyebaran penyakit anda di pesta-pesta, pertemuan keluarga dan tempat-tempat umum. Peterson mengatakan hal yang paling sederhana dan paling penting untuk diingat adalah untuk mencuci tangan anda.

“Mencuci tangan dengan menggosok tangan dengan air sabun hangat selama minimal 20 detik untuk membantu mengelupaskan kuman dari kulit,” katanya.

Peterson juga merekomendasikan batuk ke lengan atau siku, bukan ke tangan anda, yang akan menyebabkan kontaminasi apapun yang anda sentuh.

3. Bersiaplah untuk perjalanan

Musim liburan adalah waktu perjalanan tersibuk tahun, mengunjungi keluarga atau pergi berlibur.

Peterson mengatakan cara terbaik untuk menghindari terkena virus saat menggunakan transportasi umum adalah dengan menggunakan tisu anti-bakteri untuk membersihkan tangan anda, meja nampan, tombol televisi dan sandaran tangan.

“Hindari item yang dibagikan di pesawat. Kecuali mereka pra-dikemas, menghindari item yang digunakan oleh banyak orang seperti bantal, selimut, kursi kembali kantong, earphone dan majalah, “katanya.

4. Biasakan berolahraga (atau minimal jalan kaki setiap hari) sehingga pada saat traveling, kita sudah terbiasa dan tidak kepayahan. (BSB/005)

You might also like
Comments
Loading...