Cara Menjadi Seorang Penghafal Qur’an

Oleh : Rifda Zahro Afifah, Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Serang (17/06/2019) SatuBanten. News – Salah satu amalan yang paling baik bagi kita seorang muslim ialah menghafal Al-Qur’an. Banyak keistimewaan yang akan di dapatkan jika kita menjadi seorang penghafal quran, selain mendapat jaminan kemuliaan di dunia, di akhirat kelak para penghafal quran mendapat derajat yang lebih tinggi, jaminannya pun adalah surga.

Untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an syarat pertama dan yang paling penting harus dimiliki ialah niat. Tanpa adanya niat, seseorang tidak akan dapat mencapai apa yang akan ia dapatkan. Termasuk dalam menghafal quran, jika tidak diniatkan untuk meniatkan diri niat mengafal quran lillahi ta’ala maka itu akan hanya menjadi angan-angan belaka. Jika sudah diniatkan, maka kedepannya akan dimudahkan jalannya karena Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

Setelah mempunyai niat dan mulai menghafal, maka yang harus dimiliki seorang penghafal quran selanjutnya ialah keistiqomahan. Menjadi seorang penghafal quran memang tidak semudah yang di bayangkan, banyak cobaan dan godaan saat menghafal quran seperti rasa malas, sulit untuk menghafal, dan sebagainya. Jika seorang penghafal quran tidak memiliki pondasi keistiqomahan tidaklah sulit bagi syaitan untuk meruntuhkan tekad penghafal quran tersebut, untuk itu penting sekali untuk istiqomah dalam menjaga hafalan yang telah dimiliki seorang penghafal quran.

Dengan istiqomah juga, penghafal quran dapat tetap konsisten untuk menghafal quran dan menjaga hafalannya. Masih banyak cara lagi agar dapat menjadi seorang penghafal quran, namun dengan menerapkan dua cara diatas lebih dari cukup untuk dapat memulai menjadi seorang penghafal quran. Jadi, kapan akan memulai menjadi penghafal qurannya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...