Cara Ampuh Belajar Efektif Selama Masa Pandemi

Oleh:

Sayuti Darajat, S.Pd.I, M.Pd

Guru PAI SMAN 1 Kota Serang


OPINI – Setelah pemerintah mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk pulau Jawa dan Bali, sektor pendidikan masih terkena dampaknya. Yakni pelaksanaan proses belajar dan mengajar tahun ajaran 2021/2022 tetap dilakukan secara online. Kebijkan tersebut mulai berlaku sejak 3 Juli sampai dengan 20 Juli 2021. Selama masa pandemi corona atau Covid-19, pembelajaran jarak jauh dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid 19.

Setahun lebih masa pandemi ini, tidak sedikit pelajar yang mengeluh dengan proses pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh belum menjadi kebiasaan banyak orang termasuk para pelajar. Mereka belum dibekali bagaimana cara belajar jarak jauh yang efektif untuk meningkatkan kemampuan diri?

Mencari cara belajar yang ampuh untuk diterapkan pada saat pandemi bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berikut enam cara ampuh belajar efektif selama masa pandemi yang akan penulis uraikan.

Keyakinan
Coba perhatikan Al-Qur’an surat Al-Israa ayat 70 berikut ini;
“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.”
Dari ayat diatas, Allah SWT tidak pernah salah dalam menciptakan setiap makhluknya. Jika ada orang yang beranggapan dirinya tidak mungkin sukses, banyak kekurangan, itu dikarenakan dirinya belum mencari tahu akan potensi dan kelebihan dalam dirinya.

Ketika setiap pelajar memahami keyakinan ini, bisa dipastikan terjadi loncatan yang dahsyat bagi pelajar dalam meningkatan kemampuan dirinya. Bacalah ayat ini, lalu renungilah artinya kemudian tanamkan dalam hatimu bahwa kamu adalah makhluk Allah SWT yang sempurna dengan kelebihan masing-masing. Keyakinan seperti ini akan melahirkan sikap percaya diri dan optimis dan selalu berpikir positif.

Target
Supaya belajar menjadi efektif, langkah yang tidak boleh ditinggalkan adalah menentukan target jangka pendek, misalnya semester ini nilai semua pelajaran mendapatkan nilai dengan predikat A. dan target jangka panjangnya diterima di penguruan tinggi Negeri (tuliskan detil nama kampusnya).

Ketika target ini sudah ditetapkan, maka belajarpun menjadi lebih bergairah karena untuk mencapai target yang telah dituliskan itu untuk memotivasi diri agar tetap pada tujuan. Target target itu harus dimulai dengan take action. Salah satunya dengan menempelkan kata-kata yang memberikan inspirasi yang dibuat dengan tangan sendiri diruang belajar (kamar) dan kemudian belajar dengan mennggunakan cara-cara belajar yang benar. Biar lebih mantap, target target itu diungkapkan ke orang tua atau bisa juga ke keluarga besar sebagai bentuk public commitment. Kalau tidak dapat nilai predikat A saya akan malu luar biasa, sebaliknya jika mendapat nilai predikat A saya akan bangga luar biasa.

Untuk mengetahui cara belajar yang benar, bisa kita pelajari dari berbagai sumber buku atau media internet. Atau bisa juga mengikuti kelas training cara belajar yang benar. Ingat segala sesuatu itu harus dengan ilmu. Siapa yang berbuat tanpa dengan ilmu maka ia tidak akan mendapat apa-apa.

Ikuti kelas meeting online
Mengikuti kelas meeting online ini sangat penting bagi para pelajar, karena guru memantau kehadiran siswanya secara langsung yang menandakan bahwa ia termasuk siswa yang aktif selama masa pembelajaran online. Selama mengikut meeting online dengan video conference, lakukan cara-cara berikut ini dengan baik. Pertama, mengunakan akun dengan nama asli yang lengkap. Kedua mengunakan gambar profil diri yang asli. Ketiga, memakai pakaian yang sopan dan rapih (ada juga keharusan menggunakan seragam). Keempat, meng-ON-kan kamera sebagai bentuk adab kita kepada guru. Kelima, tidak melakukan aktvitas makan, minum, berbicara dengan teman yang lain ketika posisi di depan kamera. Keenam, meminta izin kepada guru jika ada hal urgen untuk tidak meng-ON-kan kamera atau hal lainnya. Ketujuh, pada saat diskusi, silakan untuk mengacungkan tangan atau menuliskan di fitur chat untuk bertanya atau berbicara dan melakukan ini semua setelah mendapat izin dari guru.

Membaca cepat
Selama belajar di masa pandemi ini, para pelajar lebih banyak mencari informasi secara mandiri. Kita dapat memperoleh informasi hampir dimana saja, mulai dari buku, majalah, koran sampai dengan media online. Dengan banyaknya informasi yang tersedia, dibutuhkan kemampuan untuk memilah informasi mana yang penting dan yang tidak. Tehnik ini perlu dipelajari oleh para pelajar untuk bisa sukses di dunia akademik. Ada banyak tehnik membaca cepat diantaranya tehnik Scanning, Skimming dan Previewing. Dengan mempelajari tehnik membaca cepat, akan memperoleh banyak manfaat, diantaranya dapat memilah informasi penting atau tidak. Dapat menguasai informasi dengan cepat. Dan dapat meningkatkan pemahaman karena membawa seorang untuk fokus pada persoalan dan melihat lebih jernih hubungan antara bab, paragraf maupun ide yang disampaikan dalam sebuah bacaan.

Tehnik mencatat atau merangkum
Selain kemampuan membaca yang harus dipahami oleh para pelajar, kemampuan yang tak kalah yang juga harus dipelajari oleh pelajar yang ingin sukses belajar pada masa pandemi ini adalah tehnik mencatat atau merangkum. Mencatat atau merangkum buku pelajaran yang sudah dibaca yang paling mendasar adalah dikemas ulang menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Mempertahankan urutan pembahasan menjadi hal terpenting yang harus dicatat. Ada banyak cara tehnik merangkum yang menarik. Diantaranya mengunakan teknik mind mapping. Untuk memahami teknik mind mapping ini banyak sekali buku-buku yang menjelaskannya. Termasuk buku penulis yang berjudul Fiqih Praktis Belajar Cerdas Sesuai Cara Kerja Alami Otak, di dalamnya dikupas bagaimana teknik merangkum dengan tehnik mind mapping.

Doa
Cara ampuh yang terakhir ini yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap pencari ilmu adalah berdoa. Bagi orang beriman berdoa sudah menjadi kebiasaan dari sejak kecil sebelum melakukan aktivitas. Hal ini dikerjakan agar mendapatkan keberkahan saat melakukan aktivitas belajar. Ilmu ini adalah milik Allah SWT, agar ilmu itu menjadi berkah, mulailah dengan meminta kepada-Nya. Diantara manfaat berdoa dalam aktivitas belajar adalah dimudahkan dalam memahami pelajaran, diberikan ketajaman daya pikir, dan insya Allah ilmu yang telah dipelajari akan bermanfaat dikemudian hari. Enam cara ampuh ini insya Allah dapat mengantarkan para pelajar menjadi sukses di bidang akademik. (***)

You might also like
Comments
Loading...