Cara Aman Makan Siang di Kantor untuk Meminimalisir Penularan COVID-19

Kesehatan, Satubanten.com- Selain work from home, banyak juga pekerja yang sudah mulai masuk kantor lagi di tengah pandemi COVID-19. Karena itulah diingatkan agar para pekerja jangan lengah, sebab virus corona masih menjadi ancaman.

Biasanya saat makan siang, Anda kumpul bersama teman-teman untuk makan siang bersama, misalnya di ruang makan kantor. Namun selama pandemi ini, kebiasaan itu harus diubah. Ada lima cara aman untuk meminimalisir penularan COVID-19 saat makan siang di kantor:

1. Sering mencuci tangan pakai sabun
Sangat penting untuk membangun kebiasaan sering mencuci tangan pakai sabun ketika berada di kantor. Pasang tanda-tanda di setiap kamar kecil tempat kerja tentang cara mencuci tangan dengan benar, dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Pastikan ada sabun dan handuk sekali pakai yang tersedia setiap saat. Jaga agar semua keran, gagang pintu, gagang, dan titik sentuh lainnya dibersihkan dengan rutin.

2. Bersihkan semua permukaan tempat makan
Sangat penting untuk membersihkan ruang dan tempat makan bersama (pantry). Tempatkan pembersih tangan berbasis alkohol di seluruh tempat kerja, terutama di dekat dapur atau tempat makan alias pantry.

Tinggalkan papan nama di meja umum dan area makan untuk mengingatkan warga kantor untuk membersihkan permukaan sebelum dan sesudah makan. Sediakan pula tisu antibakteri dan pembersih tangan di area ini.

3. Pesan makan siang secara individual
Jika kantor Anda memesan katering prasmanan, pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang dikemas secara individual. Cara ini akan membantu kantor Anda menghindari berbagi makanan dan peralatan.

Jika menggunakan sistem prasmanan individu harus menyentuh, menangani atau melakukan kontak dengan makanan. Kondisi ini berpotensi untuk menularkan penyakit. Jadi lebih baik pesan makan siang secara individual.

4. Hindari penggunaan peralatan makan bersama
Hindari sendok, garpu, sedotan, dan penjepit makanan yang digunakan bersama oleh banyak karyawan. Dengan tangan yang bersih, atur peralatan makan, perkakas, serbet, dan cangkir yang mungkin dibutuhkan orang sehingga mereka hanya memegang benda yang diinginkan.

5. Jangan berbagi makanan dan minuman
Berbagi camilan dan semua makanan seperti saus serta minuman harus dihindari. Ini bukan berarti Anda pelit, tapi hanya memikirkan pentingnya kesehatan Anda dan orang lain, sebab virus corona masih mengintai kita.

Jangan remehkan hal-hal kecil seputar masalah kebersihan, karena bisa jadi dari situlah penularan virus corona dimulai. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...