Bupati Pandeglang Resmikan Edu Conservation Center

Sumur (28/02/2020), Satubanten.com – Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pusat Pendidikan Konservasi atau edu Conservation Center. Fasilitas baru ini diresmikan langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita saat perayaan ulang Tahun TNUK ke-28, Rabu (26/02) di Legon Pakis – Tanjung Lame, Desa Ujung Jaya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Pandeglang dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Balai TN Ujung Kulon dengan Desa Ujung Jaya. Fasilitas baru yang dibangun di area TNUK ini dibangun sejak tahun 2019 lalu melalui mekanisme pendanaan SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) tahun 2019.

Edu Conservation Center tersebut digarap oleh PT. Nanjung Sari dan menghabiskan dana mencapai Rp 898 juta. Untuk kepengurusan sendiri pihak TNUK telah sepakat nantinya proses pengelolaan fasilitas tersebut akan melibatkan perangkat Desa dan warga setempat.

BACA JUGA : Rayakan Ulang Tahun Ke-28, Balai TNUK Resmikan Edu Conservation Center

Kepala Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Ir. Anggodo mengatakan bahwa nantinya pengelolaan fasilitas Edu Conservation Center ini akan terintegrasi dengan konsep Eko Wisata.

“Nantinya mekanisme kerjasama antara TNUK dan masyarakat dalam mengelola Pusat Pendidikan Konservasi ini adalah dalam rangka menunjang Eko Wisata di TN.Ujung Kulon dan sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat Desa Ujung Jaya,” tuturnya.

Selain Bupati Pandeglang, dalam acara acara yang digelar dengan konsep “Festival Ujung Kulon 2020″ hadir pula SPKD Prov. Banten, SKPD Kabupaten Pandeglang, Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kecamatan Sumur dan Cimanggu, MUI Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Para Kepala Desa, Stake Holder serta Mitra Kerja TN Ujung Kulon.

Setelah meresmikan Edu Conservation Center, Irna bersama seluruh jajaran juga melakukan penanaman pohon Butun di Kawasan Pusat Pendidikan Konservasi (Edu Conservation Center) TNUK. Pohon Butun yang banyak ditemukan tumbuh di daerah pantai sering juga menjadi tanaman hias karena bunganya yang unik.

Melalui acara tersebut Irna menyampaikan bahwa kerja sama antara TNUK dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang harus semakin erat. Dengan demikian upaya konservasi dan wisata di Ujung Kulon dapat semakin baik.

“Kami pemerintah Kabupaten Pandeglang berkomitmen bersama antara Pemerintah Daerah Pandeglang dengan Balai TN Ujung Kulon untuk mendukung program upaya-upaya konservasi TN Ujung Kulon bersama Masyarakat,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...