Bule Prancis Akan Terbitkan Buku Tentang Pencak Silat

Serang (5/1/2015), SatuBanten – Beladiri asal Asia mendapat tempat istimewa di Eropa. Banyak warga dari Negara tersebut yang mempelajari dan menyukai olahraga asal China, Jepang, Korea Selatan atau Thailand, seperti Kung Fu, Karate, Taekwondo atau Thai Boxing.

Namun kini ada beladiri alternatif yang mulai menjadi favorit di Eropa, yaitu pencak silat. Bagi beberapa warga Eropa, pencak silat dinilai sebagai beladiri yang lengkap dan indah.

Gabriel bule asal Prancis tertarik untuk belajar ilmu beladiri asli Indonesia, pencak silat. Hal tersebut dibuktikannya langsung sejak beberapa tahun terakhir.

“Awalnya saya melihat pencak silat karena saya fokus pada penelitian di Indonesia yang berkaitan dengan perkuliahan. Setelah  melihat silat khas Indonesia, langsung tertarik. Makanya sangat langsung tertarik untuk belajar silat asli Indonesia dan saat ini saya sedang merampungkan sebuah buku tentang Pencak Silat,” ungkapnya kepada SatuBanten, Senin (5/1/2015).

Gabriel telah beberapa kali ke Banten dan  selalu menuju Pamarayan tepatnya di Peguron Macan Guling, Serang. Gabriel menambahkan setelah mulai belajar seni dan kebudayaan Indonesia terutama Banten yang melekat adat ketimuran, dirinya berharap agar bisa tinggal lebih lama di Indonesia. “Saya berharap bisa tinggal lama di Indonesia, agar bisa lebih mendalami adat istiadat serta kebudayaan,” harapnya.

Warga Prancis ini menyampaikan harapannya, dengan banyak belajar kebudayaan di Banten khusunya dan Indonesia umumnya, bisa dibawa dan dikembangkannya di negara asalnya. “Kalau seni beladiri silat, apabila sudah benar-benar menguasai, saya akan mengajarkannya ilmu seni beladiri tersebut di Prancis,” imbuhnya.

Arif Kirdiat, tour guide asal Serang yang sering mengantar Gabriel, menyampaikan apresiasi terhadap warga negara asing yang tertarik belajar seni beladiri silat ini. “Banyak rekan dari Gabriel dari Eropa yang rutin belajar silat ke Banten, setiap tahun selalu ada yang datang,” katanya.  (Ahmad/BSB/B01)

You might also like
Comments
Loading...