Buka Buku Pustaka Hadiri Kegiatan Bengkel Menulis

Serang (20/09/19) SatuBanten. News – Penulis yang baik biasanya punya banyak buku bacaan yang dia jadikan sebagai bahan referensi dan untuk mencari inspirasi, memiliki imajinasi tinggi, percaya diri untuk mengungkapkan ide, gagasan dalam sebuah tulisan.

Penulis pada umumnya juga pasti dalam berbicara teratur, memiliki kosakata yang luas, mampu memilah-milah bahasa yang akan diucapkan. Keterampilan menulis ini bisa dipelajari dan diasah bersama Tim Redaksi Buka Buku Pustaka ada Moch Amin Muhyidin sebagai Editor dan Penulis dan Sandi Fahamsyah Redaksi.

Acara bengkel menulis ini di sponsori oleh
Buka Buku Pustaka diselenggarakan bertepatan dengan hari kunjungan perpustakaan 2019 dihalaman gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.

Banyak orang bertanya-tanya membuat sebuah buku yang baik, dan benar itu seperti apa. Dalam kesempatan kali ini Moch Amin Muhyidin dan Sandi Fahamsyah akan memberikan tips untuk pemula menulis buku yang baik dan benar.

“Saya itu sering ya menemukan pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana cara untuk memulai menulis buku, karena rata-rata ya memang begitu. Orang tuh bingung mau nulis tapi enggak tau harus mulai darimana,” kata Sandi

Sandi menjelaskan, setiap penerbit itu pasti memiliki standarnya masing-masing dan biasanya mereka punya kriteria tulisan mana yang layak untuk diterbitkan dan dicetak.

“Kalau ada orang yang ngirim tulisan nih ke penerbit itu enggak langsung diterbitkan biasanya, mereka mengadakan rapat tim redaksi untuk menentukan tulisan ini layak atau tidak. Kalau saran saya jika kita mau menerbitkan buku di penerbit mayor itu jangan hanya ke 1 penerbit aja, cobalah kirim tulisanmu kebanyak penerbit, tapi jangan sekaligus juga, bertahap.” ujar Sandi

Moch Amin Muhyidin memberikan beberapa tips untuk membuat buku yang dibutuhkan dan perlu untuk diperhatikan. “Kalau dari saya sih simpel aja ya, saya kalau mau menulis buku biasanya saya baca 10 judul buku. Kalau saya ingin menulis buku yang genre horror maka saya akan membaca 10 judul buku genre horror. Jadi jangan misal baru baca 1 buku terus terinspirasi pengen buat buku, enggak bisa seperti itu kita harus juga banyak baca buku”. Ujar Amin sapaan akrabnya

Dengan banyak membaca buku akan membantu kita dalam pemilihan diksi-diksi yang baik, banyak kosakata, mampu memilah-milah bahasa yang baik dan benar, panjang pendeknya kalimat. Dan juga untuk pembanding antara buku satu dengan yang lain. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...