Buah Mangga Mampu Turunkan Kadar Kolesterol Hingga Mencegah Kanker

Serang, (22/10/2018) Satubanten.com – Musim panen buah mangga telah tiba. Tak heran, belakangan buah ini banyak kita temui di pasar maupun penjual buah di pinggir jalan-jalan protokol. Buah ini rata-rata dijual dengan harga Rp 15.000 per kilogramnya.

Banyak cara yang dapat dipilih untuk menikmati buah yang berasal dari perbatasan India dan Burma ini. Buah mangga yang matang umum dimakan dalam keadaan segar. Mangga juga seringkali dijadikan sebagai campuran es, baik dalam bentuk irisan ataupun diblender. Sedangkan buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga dapat diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain.

Memiliki 400 varietas di seluruh Indonesia, buah mangga menjadi salah satu buah favorit masyarakat. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, mangga juga mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh, sepeti vitamin A, B6, B9, C, E dan K, kalium, fosfor, polifenol, zat besi, kalsium, serat dan antioksidan.

Kandungan Polifenol dalam mangga mampu memerangi radikal bebas dan melindungi kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, mangga memiliki tingkat flavonoid tinggi seperti beta karoten dan alfa karoten yang membantu melawan dan mencegah jenis kanker tertentu.

Mangga mengandung vitamin C, pektin dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jenuh dalam tubuh. Mangga juga kaya akan potasium, yang merupakan komponen penting untuk mengendalikan denyut jantung serta mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Menurut riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of California, konsumsi mangga juga membantu mengendurkan pembuluh darah hanya dalam waktu dua jam. Sehingga, periset menyimpulkan bahwa mangga merupakan buah yang dapat membantu memainkan peran dalam mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Sederet vitamin dan mineral dalam mangga juga baik untuk menjaga bentuk tubuh, karena akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat untuk membantu membakar kalori dan mengeluarkannya melalui feses. Sehingga dapat membantu mengontrol berat badan kita.

Jadi, mengkonsumsi mangga secara rutin dapat menjadi cara yang nikmat dan mudah untuk menjaga kesehatan kita ya! (SBS/022)

You might also like
Comments
Loading...