BPN Banten Bantu Korban Banjir Ganti Sertifikat Tanah Rusak dan Hilang

Serang (17/01/2020) SatuBanten.com – Kepala BPN Banten Andri Tenri Abeng memberikan pelayanan bagi masyarakat yang sertifikat tanahnya rusak akibat banjir, berupa pergantian dokumen rusak tersebut.

“Bagi masyarakat yang terkena atau menjadi korban banjir, yang mempunyai sertifikat dan sertifikat itu rusak karena banjir, kita akan lakukan penggantian,” ujarnya

Andri mengatakan, pihaknya akan mempermudah proses pergantian tersebut. “Kita akan permudah masyarakat untuk melakukan permohonan pergantian sertifikat, yah dengan syarat syarat tertentu yah, kalau misalnya sertifikat itu ada dan bisa kita identifikasi kita mudah langusung melaksanakanya 14 hari kerja SOPnya kerja selesai,” paparnya.

Sementara, untuk sertifikat yang tidak bisa di identifikasi atau hilang, Andri mengatakan ada mekanisme tambahan yang perlu dilakukan masyarakat saat hendak melakukan permohonan pengajuan pergantian.

“Harus ada keterangan bahwa benar dia korban banjir dan sertifikatnya itu hanyut terbawa banjir, terus dia benar tinggal disitu dan sertifikatnya itu di tanah itu, imbuhnya.

Keterangan-keterangan tersebut dipelukan guna menghindari dari terjadinya penipuan yang dilakukan masyarakat.

“Kita tidak tahu kan, ternyata dia bilangnya ngaku hilang karena banjir padahal engga misalnya, kan kita tidak tahu, jadi itu yang kita antisipasi,” kata Andri.

Untuk membantu mempermudah pelaporan bagi warga yang terkena dampak banjir, Andi mengatakan pihaknya sudah membuka posko dilokasi banjir yang terjadi di Provinsi Banten.

“Kalo untuk saat ini yang kita lakukan adalah Kita sudah turun disana membuat posko di Lebak maupun di Kota Tangerang, pungkasnya. (RR/SBS31)

Comments
Loading...