BPJS Kesehatan Resmikan Sarana Air Bersih dan MCK Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Pandeglang (9/5/2019), Satubanten.com РBadan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meresmikan bangunan sarana Air Bersih dan MCK, Kamis (09/5). Sarana tersebut dibangun di dua titik area terdampak tsunami Selat Sunda yakni di Kampung Karang Mempeuk, Kampung Kali Caah, Desa Karang MempeukMempeuk,  Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Menurut Deputi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung (Bakalbalam), dr. Fachrurrozi, M.M pembangunan sarana ini mempunyai dua fungsi yakni sebagai sarana bagi masyarakat Tanjung Jaya agar dapat memanfaatkan air bersih. Sedangkan tujuan kedua yakni untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Jadi untuk bapak-bapak ibu-ibu selainn untuk wudhu dan mandi, sarana ini juga bisa digunakan untuk mencuci pakaian sebenarnya. Sehingga masyarakat yang tadinya kesulitan megakses air bersih sampai harus menadah air hujan kini bisa memanfaatkan sarana MCK dan air bersih ini,” tuturnya.

Selain di daerah Banten, pembangunan sarana air bersih juga dibangun 5 titik di Desa Kuncir, Kecamnatan Raja Basa, Lampung. Menurut Fachrurrozi ada perbedaan antara sarana yang dibangun di Lampung dan di Banten. Jika di Banten Air Susah diakses sehingga disediakan fasilitas pengadaan air bersih sekaligus MCK sedangkan di Lampung air sudah tersedia, hanya saja penampung air di 5 titik tersebut hancur diterjang gelombang Tsunami. Sehingga BPJS Kesehatan berusaha memfsilitasi berupa bangunan  penampung air bersih.

“Kalau kita hitung dari lima penampung air tersebut, airnya lalu kita alirkan ke rumah-rumah penduduk. Satu penampung bisa mengaliri sekitar 20 rumah sehingga dengan 5 penampung tersebut ada 100 rumah yang bisa mersakan manfaat,” sambungnya.

Sementara itu Asisten Pemerintah Kabupaten Pandeglang, H. Agus Priyadi Mustika, S.Sos mengatakan bahwa dririnya beaerta segenap warga merasa bersyukur dan berterima kasih atas bantuan sarana air bersih dari BPJS Kesehatan tersebut. Menurutnya bantuan air bersih ini adalah berkah bagi masyarakat Karang Mempeuk dan Kali Caah. Hanya saja dirinya berpesan kepada masyarakat agar tetap saling bahu membahu dalam merawat dan membiayai operasional sarana tersebut.

“Bapak Ibu sekalian harus memanfaatkan. Hanya untuk operaionalnya harus iuran, nanti dari DKM nya mengumpulkan melalui kenclengan. Kalau biasanya seliter, ini disisihkan dua sendok. Kalau dikumpulkan ada seratus sendok juga lumayan. Insyaallah ibu yang cantik-cantik ini akan semakin cantik dengan air yang bersih ini,” tuturnya.

Air bersih merupakan hal vital bagi masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Mira Anggraini, S.Si, MM. Sarana air bersih ini juga menjadi sangat penting bagi masyarakat paska bencana Tsunami beberapa waktu sebelumnya.

“Bantuan ini murni merupakan iuran dari tenaga kerja BPJS Kesehatan di Seluruh Indonesia. Oleh karena itu kita berharap sara Air Bersih ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Karang Mempeuk dan Kali Caah. Kemudian kami juga berharap saran ini dapat dijaga sebaik-baiknya agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,” pungkasnya. (SBS032/IBC)

 

You might also like
Comments
Loading...