Boy Rafli Bakal Dilantik Besok Jadi Kapolda Banten

Jakarta, satuBanten- Kapolri Jenderal Sutarman akan melantik Brigjen Paulus Waterpau sebagai Kapolda Papua Barat,  (9/1). Selain itu, Kapolri juga akan melantik Brigjen Boy Rafli Amar sebagai Kapolda Banten pada hari yang sama.

Kapolri mempercayakan Paulus yang sebelumnya adalah Wakil Kapolda Papua menjadi orang nomor satu di Polda Papua Barat yang baru terbentuk tersebut.

“Jumat nanti pelantikan Kapolda Banten sama Kapolda Papua Barat. Karena kan (Polda Papua Barat) memang dibentuk baru,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny Franky Sompie, di kantornya, Kamis (1/8/15).

Dijelaskan Ronny, setelah dilantik nanti Kapolda akan menyusun struktur di Polda Papua Barat tersebut. Kapolda akan dibantu Asisten Sumber Daya Manusia.

Sedikitnya dikabarkan ada sembilan Kepolisian Resor yang masuk wilayah kerja Polda Papua Barat. Yakni, Polres Manokwari, Fakfak, Sorong, Kabupaten Sorong Kota, Sorong Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Raja Ampat, dan Kaimana.

Ronny menjelaskan, alasan pembentukan Polda Papua Barat ini salah satunya karena wilayah geografis Papua yang luas. “Kalau sudah ada Polda sendiri mobilitas lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, potensi gangguan keamanan juga menjadi fokus dari pembentukan Polda Papua Barat. Tugas Kapolda Papua akan menjadi lebih ringan. “Koordinasi dengan Pemda Papua Barat akan lebih baik dan cepat kalau di satu kota,” beber Ronny. 

You might also like
Comments
Loading...