BKSDA Ungkap Masih Banyak Sarang Babi Hutan di Kawasan Kota Serang

Serang  (23/9/2019) Satubanten.com –  Menyikapi  kemunculan Babi Hutan di kawasan pemukiman di Perumahan RS Pemda Cipocok  Kemarin (Minggu-red).   Kepala Resort Wilayah III Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Serang Tuwuh Rahardianto Laban mengatakan, kemungkinan babi yang ditemukan warga merupakan babi hutan.  Sebab, untuk di wilayah Serang, ada beberapa titik yang menjadi sarang dari babi hutan tersebut.

“Untuk di Serang itu masih ada (babi hutan) kalau dibilang banyak ya tidak sebanyak di Pandeglang, tapi ada. Bahkan di daerah Dalung di belakang perumahan itu ada sarangnya, tepat dipinggir sungai Cibanten. Bahkan kami sempat menangkap dua ekor babi hutan juga di daerah Dalung, Kelurahan Cipocok Jaya,” ujarnya, Senin  (23/9).

Sedangkan, untuk di daerah RS Pemda, ia menjelaskan masih wajar apabila ada babi hutan. Sebab, didaerah tersebut masih ada hutan dan perkebunan yang merupakan habitat mereka. “Ya wajar saja kalau masih ada. Ini juga bukan kejadian yang pertama, sebelumnya juga pernah ada di komplek Griya Permata Asri, dua ekor. Dan sampai sekarang itu masih ada, kami pun masih mencari cara untuk menjeratnya untuk kemudian dilepasliarkan,” katanya.

Selain babi hutan, di wilayah Banten, termasuk Kota Serang, masih ada beberapa hewan liar lainnya. Seperti monyet ekor panjang, musang, hingga kukang. “Apalagi di Kabupaten Pandeglang dan Lebak, itu masih banyak sekali. Kalau di Serang ini tidak terlalu banyak, tapi biasanya kalau mereka masuk perkampungan itu sedang mencari makan,” tuturnya.

Seperti diketahui , Hari minggu (22/9) kemarin Warga Komplek RS Pemda dihebohkan dengan munculnya babi hutan yang memasuki Masjid saat berlangsung kegiatan pengajian.  (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...