Bimtek Aparatur Desa Kecamatan Saketi Untuk Tingkatkan Kapasitas

Pandeglang, ( 13/11/2018 ) SatuBanten.com – Guna peningkatan kapasitas aparatur Desa, dilakukan bimbingan teknis dan pembinaan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPDD), salah satunya bagi aparatur Desa di Kecamatan Saketi.

“Tujuan kegiatan ini agar para aparatur desa dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri, sehingga dapat melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik di desa,” hal ini dikatakan M Sukendar Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada DPMPD, Senin (12/11) di Kecamatan Saketi.

Menurutnya, tahun ini hanya lima Kecamatan yang akan diberi Bimtek dan pembinaan. Kata dia, hal ini karena melihat dari anggaran yang ada dan waktu yang tidak mencukupi.

“Tahun ini hanya lima Kecamatan yaitu Saketi, Cimanggu, Mekarjaya, Cikeusik, dan Mandalawangi, sisanya tahun depan secara bertahap. Keseluruhan peserta 655, untuk Saketi 154 peserta dari Kepala Desa, Sekdes, perangkat desa dan kadus,” tegasnya.

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan dirinya sangat apresiasi acara ini. Pasalnya, para aparatur desa harus mempunyai wawasan.

“Kami sangat membutuhkan aparatur yang punya kapasitas, kami yakin Bapak dan Ibu mampu menunjukan hal itu,” ujar Irna Narulita.

Bupati berharap, para aparatur desa yang saat ini diberikan bimbingan dapat menunjukan hasilnya dalam menjalankan roda pemerintahan di desa. “Yang sebelumnya biasa saja, sekarang harus luar biasa dalam melaksanakan tugasnya, berikan edukasi kepada masyarakat kalau ada dana desa untuk kemajuan desa,” imbuhnya.

Selain itu, dikatakan Bupati, Kepala Desa harus punya komitmen yang kuat, serta aparatur desa dengan Kepala Desa harus saling bahu membahu.

“Kami tidak mau punya perangkat desa yang loyo, yang akhirnya tidak memberikan motivasi dan dorongan bagi masyarakat untuk memajukan desanya,” pungkasnya. (Sbs/011/Rls )

You might also like
Comments
Loading...