Bidang Pembinaan SDM Strategis PP Menggagas KAMMI Scholarship Festival

Serang (07/04/2021) satubanten.com – Melanjutkan studi ke luar negeri, jika dimaknai secara pribadi barangkali tidak begitu signifikan. Namun jika dipahami secara kolektif dan terarah, ia memberikan dampak yang besar tidak hanya untuk suatu komunitas namun juga untuk suatu bangsa.

Diantaranya pergerakan nasional kemerdekaan Indonesia, salah satunya terjadi akibat politik etis Belanda yang mengirim banyak pelajar Indonesia belajar ke Belanda. Selain itu ada pula yang kita kenal sebagai Mafia Berkeley, belasan ekonom lulusan Berkeley Amerika Serikat mampu memberi corak baru dalam pembangunan di masa Orde Baru.

Ada pula BJ Habibie dan kawan-kawannya alumni dari Jerman yang mampu memberi kontribusi pada industri strategis di Indonesia.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang memiliki visi intelektual harus mulai serius memulai gerakan intelektual secara kolektif.

Telah banyak kader KAMMI yang melanjutkan studi ke luar negeri, namun ia belum menjadi gerakan kolektif sehingga dampaknya masih belum kita lihat secara signifikan terhadap gerakan intelektual KAMMI maupun untuk Indonesia.

Sehingga upaya untuk mendorong kader KAMMI melanjutkan studi ke luar negeri harus dilakukan secara lebih strategis dan terarah.

Oleh karena itu, digagaslah KAMMI Scholarship Festival oleh Bidang Pembinaan SDM Strategis PP KAMMI dengan harapan menjadi tonggak awal gerakan kolektif bagi kader KAMMI untuk melanjutkan studi ke luar negeri sekaligus menjadi akselerasi intelektual bagi Muslim Negarawan, agar sepulang dari studi mampu memberi manfaat pula secara kolektif untuk Indonesia. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...