BI Banten : Triwulan I 2021, Perekonomian Banten Tumbuh 0,78%

Serang, Satubanten.com – Sejalan dengan aktivitas ekonomi global yang terus membaik terutama ditopang oleh pemulihan ekonomi AS yang semakin menguat, perekonomian nasional juga menunjukan perbaikan sebagaimana ditunjukan oleh berbagai indikator dini, seperti perbaikan ekspektasi konsumen dan penjualan online.

Perekonomian Banten semakin tumbuh membaik, secara quarter to quarter, pertumbuhan perekonomian Banten triwulan I 2021 tumbuh sebesar 0,78% dan secara year on year kontraksi semakin mengecil menjadi sebesar -0,39%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja mengatakan, Walaupun demikian, terdapat peningkatan kasus Covid-19 pasca liburan lebaran yang perlu diwaspadai seiring dengan mobilitas masyarakat yang terus berlanjut dengan rerata berada di atas level sebelum pandemi Covid-19.

“Dengan memperhatikan perkembangan terkini, respons kebijakan juga perlu dilakukan melalui sinergi berbagai otoritas antara lain dengan percepatan realisasi stimulus fiskal, peningkatan kredit/ pembiayaan kepada dunia usaha meretas credit crunch, keberlanjutan stimulus moneter dan makroprudensial serta digitalisasi ekonomi dan keuangan.” ujarnya saat Taklimat Media Laporan Perekonomian Provinsi Banten Bulan Mei 2021 Hotel Novus Jiva Anyer, Selasa (22/6/2021).

Ia menambahkan, secara sektoral, perbaikan kondisi ekonomi Provinsi Banten terutama didorong oleh peningkatan pada hampir seluruh sektor utama di Provinsi Banten.

“Sektor yang tumbuh meningkat pada triwulan I 2021 antara lain sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, sektor Pengadaan Air, sektor Informasi dan Komunikasi, sektor Konstruksi, serta sektor Real Estate,” imbuh Erwin.

Sementara itu dari sisi pengeluaran, perbaikan ekonomi Provinsi Banten pada triwulan ini terutama didorong oleh membaiknya Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Di sisi lain, Konsumsi Rumah Tangga dan Net Ekspor Total secara triwulanan juga mengalami perbaikan, meskipun secara tahunan masih terkontraksi tipis sebesar -1,69% (yoy) dan -4,62% (yoy).

Dalam Taklimat media ini turut hadir Kepala Divisi KPw BI Banten Gunawan, Kepala Divisi KPw BI Banten Erry P Suryanto, Kepala Sistem Pembayaran KPw BI Banten Sugeng Siswanto
Dan Kepala Tim KPw BI Banten Kebijakan Moneter Purwanto. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...