Berwirausaha Disaat Pandemi Covid-19

Oleh : Ibni Baenillah

Mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Pamulang

 

Menurut Robert T. Kiyosaki saat krisis sebenarnya wirausaha akan tumbuh subur. Demam kewirausahaan semakin memuncak karena ketika perekonomian melambat, aktivitas kewirausahaan menghangat. Begitu tahu tak bisa lagi mengandalkan majikan, manusia biasanya akan mulai berpaling ke diri sendiri. Manusia mulai berpikir mungkin sekarang waktunya keluar dari zona nyaman dan bertindak kreatif untuk memenuhi kebutuhan. Maka muncullah kreativitas-kreativitas dan kewirausahaan baru pun menjadi berkembang

Apa itu wirausaha? Wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha..

Menjadi wirausaha berarti kita telah berkontribusi menurunkan angka pengangguran. Karena selain menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri kita juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, dan untuk banyak orang.

Akibat pandemi saat ini pengangguran di Indonesia diprediksi meningkat 3,5juta orang, 70% pendapatan rumah tangga masyarakat menurun. Selain supir dan ojek, beberapa pedagang lain merupakan profesi yang mengalami penurunan pendapatan selama pandemi.

Dan sektor-sektor ekonomi lain yang berpotensi lesu antara lain tour & travel, aviation, otomotif, real estate, oil & gas, juga pendidikan. Sedangkan sektor ekonomi yang berpotensi naik atau berkembang antara lain kesehatan, food processing, agriculture, e-commerce, teknologi informasi dan komunikasi.

Produk makanan dan kesehatan di masa pandemi ini meningkat tajam, dan usaha kulinerlah yang paling mendominasi. Mengingat makanan merupakan kebutuhan yang memang harus dipenuhi, jadi banyak orang yang mencari makanan baik itu ke restoran ataupun ke tempat penjual aneka kuliner.

Peluang seperti ini harus kita tangkap. Jangan pernah merasa takut dengan batasan yang menghambat untuk berwirausaha, karena tanpa mencoba maka bagaimana kita tau kita akan berhasil atau tidak. Hanya orang-orang sukses yang tidak takut gagal karena mereka mau berusaha dan mencoba, belajar dari kegagalan akan memperkaya pengalaman.

Berikut cara mengembangkan wirausaha di tengah pandemi: Memiliki Target Pasar Yang Bagus

Target pasar yang bagus disini dapat berarti anda menjalankan suatu usaha dengan menghasilkan barang atau jasa yang belum banyak diproduksi oleh pelaku usaha lain. Ataupun anda memproduksi barang atau jasa tersebut yang belum banyak dilakukan oleh pelaku usaha lain. Dimana cara berwirausaha yang seperti itu dapat mampu menguasai pasar dan mempertahankan usaha yang dijalankan dari persaingan pasar yang begitu keta

Usaha Bisa Dimulai dari Hobi/Passion

Punya hobi menjahit, memasak, dan hobi kreatif lainnya bisa di eksplore menjadi bisnis. Misal senang menjahit bisa di eksplore menjadi usaha di bidang fashion, hobi memasak bisa di eksplore menjadi usaha di bidang kuliner, dll. Jadi hobi yang selama ini yang hasilnya hanya untuk dipakai dan dinikmati sendiri bisa dijual yang kemudian dipakai dan dinikmati orang lain.

Memanfaatkan Teknologi Digital

Wirausaha saat ini harus mengkombinasikan antara teknologi online dan offline. Banyak orang menganggap teknologi itu susah dan biayanya mahal. Padahal teknologi jadi komponen penting dalam mengembangkan wirausaha. Justru dengan teknologi yang semakin canggih kita harus terbiasa berteman dengan teknologi agar bisnis dapat cepat berkembang. Karena melalui teknologi digital jangkauan pemasaran kita semakin luas.

Memanfaatkan teknologi digital bisa dimulai dari perangkat yang kita miliki misal handphone, pelajari fitur-fitur yang ada di handphone. Kemudian manfaatkan juga sosial media yang kita miliki untuk melakukan pemasaran.

Bergaul dengan Sesama Wirausaha Lain

 Di tengah pandemi saat ini abaikan ketakutan akan bersaing dengan pelaku bisnis lain. Justru selaku sesama pelaku usaha seharusnya saling dukung dan menguatkan agar ekonomi kita semakin tumbuh. Misalnya dengan membuat group atau komunitas sesama pelaku usaha dan membantu saling memasarkan atau menjadi reseller wirausaha lain, juga nggak ada salahnya saling berkolaborasi.

Orang-orang sukses adalah pembelajar yang baik, belajar bisa dari manapun dan kapanpun tidak terbatas waktu dan ruang. Apa yang kita lakukan harus berproses untuk mewujudkan keberhasilan. Impian akan menjadi impian jika tidak ada realisasi.

Yang terpenting dalam berwirausaha kita harus percaya pada diri sendiri bahwa kita memiliki kemampuan dalam menjalankan usaha, dan tetap berusaha belajar menjadi lebih baik sehingga kita bisa mengembangkan usaha. Kuncinya harus membangun percaya diri terus-menerus dan buat target-target kecil yang dapat dicapai.

Kreatif

Kreativitas juga jadi harga mati saat Anda memutuskan jadi wirausaha muda. Cobalah untuk selalu cari hal-hal baru yang bisa dikembangkan melalui produk usaha, dengan begitu eksistensi usaha dan sosok Anda sebagai wirausaha muda bisa bertahan lama.

You might also like
Comments
Loading...