Berburu Uang Pecahan Kecil Baru Untuk Persenan

Serang, (08/06/2018) Satubanten.com – Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk berburu uang pecahan kecil baru dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bersamaan dengan pakaian baru, lembaran uang baru yang masih mulus pun dibagikan kepada sanak saudara sebagai bentuk berbagi rejeki atau biasa disebut “uang persenan”.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Rahmat Hernowo menyebutkan kalau pihak BI memproyeksikan uang kartal sebanyak Rp 1,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat selama Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Pada tanggal 30 – 31 Mei dan tanggal 04 – 05 Juni kemarin, pihak BI bekerjasama dengan sejumlah perbankan yang ada di Kota Serang membuka layanan penukaran uang pecahan kecil baru di Alun-alun Barat Kota Serang.

Namun tampaknya masyarakat membutuhkan lebih banyak lagi untuk penukaran. Hal tersebut terbukti dari beberapa postingan yang dipantau di media sosial dan sejumlah kantor cabang bank yang dikunjungi masyarakat untuk menukarkan uang.

Menurut salah satu pegawai bank milik daerah di Kota Serang, uang yang paling banyak ditukar adalah uang dengan pecahan Rp 5000 dan Rp 10.000. Sedangkan untuk pecahan Rp 20.000 dan Rp 2000 tidak terlalu banyak.

Ridho (26) seorang pegawai asal Kota Serang mengatakan, jika dirinya sengaja menukarkan uang baru pecahan kecil untuk dibagikan kepada keponakannya. “Buat uang persenan nanti lebaran, kan udah jadi tradisi setiap lebaran ngasih angpau di amplop kecil warna warni buat anak-anak kecil sama keponakan,” katanya.

Namun masyarakat juga harus tetap berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi penukaran uang pecahan kecil. Usahakan untuk menukarnya di bank atau tempat yang sudah ditunjuk oleh BI. Karena biasanya ada saja oknum yang berbuat nakal dengan mengurangi atau melebihkan uang yang ditukar dengan alasan sebagai pengganti ongkos jasa.(SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...