Berapa Jam Maksimal Boleh Menahan Kencing?

Satubanten.com – Menahan kencing kerap terjadi saat sedang dalam perjalanan, sedang ada acara penting, atau berbagai alasan lain. Saat orang merasa ingin kencing, itu berarti otot yang mengendalikan organ kemihnya sedang memberi sinyal. Sinyal tersebut dirasakan sebagai keinginan untuk kencing atau kebelet.

Bagaimana jika kita tak merespon sinyal tersebut, dan menahan keinginan kencing? Berapa lama seseorang boleh menahan keinginan buang air kecil tersebut agar tak menjadi masalah kesehatan?

Dr. Fernandi Moegni, SpOG menerangkan berapa lama waktu yang wajar jika seseorang tak bisa melakukan kewajiban buang hajatnya saat sedang kebelet. Ahli kandungan itu menyebut waktu 3-4 jam sebagai waktu seseorang boleh menahan BAK nya.

Jika lebih dari itu maka risiko dirinya terkena infeksi kandung kemih makin besar. Bahasa awam dari infeksi kandung kemih adalah anyang-anyangan. Yaitu rasa nyeri yang sangat di bagian bawah perut diiringi dengan keinginan kencing yang sangat. Namun pada beberapa kasus, rasa ingin kencing itu tak bisa diteruskan dengan mengeluarkan air seni.

    “Sekali atau dua kali mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika sering dan dalam jangka waktu yang lama, bisa menimbulkan masalah infeksi kandung kemih,” terang dr. Fernandi.

Otot di kandung kemih yang berkontraksi dan mengatur keinginan kencing mengalami gangguan sehingga terasa nyeri. Ini terjadi akibat menahan kencing dalam waktu yang lama. Jadi baiknya segera berkemih jika memang sudah terasa kebelet. (B02/sd)

You might also like
Comments
Loading...