Bentuk Kepedulian, 91 Titik Tempat Pemakaman Umum Disiapkan Pemkab Tangerang

Tigaraksa, Satubanten.com – Wujud kepedulian kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyiapkan 91 Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi warga sekitar. Lokasinya tersebar di 26 Kecamatan yang berada di Kabupaten Tangerang.

Penyediaan TPU tersebut diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tangerang Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pemakaman Umum dibawa Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman (Perkim) Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah menjelaskan bahwa TPU yang terdaftar di 26 Kecamatan dikelola oleh Pemkab Tangerang melalui Dinas Perkim.

“Lokasi TPU tersebar di 26 Kecamatan dan bagi yang belum memiliki TPU resmi dikarenakan belum adanya zonasi untuk TPU bisa ke lokasi TPU terdekat,” ujar Iwan, Kamis (10/9/2020).

Luas TPU dari 91 TPU yang tersebar di 26 Kecamatan di Kabupaten Tangerang kurang lebih 120 Ha.

“Iijn Penggunaan Tanah Makam (IPTM) dapat di perpanjang per tiga tahun dan diurus oleh keluarga ahli waris ke instansi terkait,” ucapnya.

Ia menyebut Izin Penggunaan Petak Makam (IPPM) adalah izin yang diberikan kepada ahli waris atau penanggung jawab pemakaman untuk setiap penggunaan tanah makam di tanah pemakaman umum dalam jangka waktu 3 tahun dan dapat di perpanjang setiap 3 tahun.

Untuk sistem dan mekanisme prosedurnya, masyarakat dapat mengajukan Permohonan Izin Penggunaan Tanah Makan (IPTM) dilakukan secara tertulis.
Pemohon mengajukan permohonan kepada petugas TPU aset pemda dan melakukan pembayaran retribusi IPTM sesuai peraturan daerah yang berlaku.

Selain itu, Petugas TPU menyerahkan berkas dan penyetoran retribusi IPTM ke Bidang Pemakaman dan Permohonan diproses sesuai Prosedur Bidang Pemakaman. (Ero/SBN)

You might also like
Comments
Loading...