Bengkel Arsip, Melayani Masyarakat Untuk Konsultasi dan Bimbingan

Serang (17/09/2019) SatuBanten. News – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten melayani masyarakat dengan membuka stand untuk melakukan konsultasi dan bimbingan tentang kearsipan. Selasa, (17/19) di halaman gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.

Stand ini sebagai bentuk partisipasi kearsipan untuk meriahkan sesuai dengan bidangnya, “Disini kami menyuguhkan pameran dan bengkel arsip (konsultasi atau bimbingan tentang kearsipan) misalnya, ada dari instansi atau masyarakat yang ingin tau apa itu kearsipan atau bagaimana cara mengelola arsip yang benar sesuai undang-undang.” kata Epi Fahrozi, Arsiparis (tenaga bidang kearsipan)

Tertib arsip yaitu ketika kita mencari arsip bisa dengan mudah, dan tertata dengan baik. Menurut Epi masih banyak instansi yang belum paham dan mengetahui tentang hal ini.

“Biasanya mereka suka membiarkan arsip-arsip menumpuk dan tidak dijaga, padahal hal seperti ini yang menyebabkan kerusakan dan kehilangan, kan kalau udah hilang nanti siapa yang dirugikan, pasti negara. Dari pagi sampai siang sudah ada 15 orang yang melakukan konsultasi tentang mengelola arsip dan bahkan ada saja dari mereka yang ingin tau apa itu arsip” jelas Epi

Kearsipan itu hal-hal terkait arsip sedangkan arsip sendiri yaitu rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media, yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi, perusahaan swasta dan negeri, yayasan dan juga perorangan.

“Kenapa perorangan juga penting karena jika ada anak yang ingin masuk sekolah juga kan butuh arsip seperti ijazah, kartu keluarga, akta kelahiran dll.” tutupnya (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...