Belum Selesai Dirakit, Pembeli Sudah Antri Dapatkan Pesawat N-219

Bandung (20/1/2014), SatuBanten – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir melakukan rapat bersama di PT Dirgantara Indonesia (PT DI) seputar perkembangan pesawat N219 dengan jajaran direksi PT DI didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Selasa (20/1/2015).

Proyek pembuatan pesawat terbang N219 yang dikerjakan PT DI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus dikebut.

Saat ini pembuatan prototipe sudah mencapai 80 persen. Agustus 2015 ditargetkan sudah bisa roll out dan akhir tahunnya sudah bisa mengudara untuk pertama kalinya.

Pemotongan pertama (first cutting) salah satu komponen pesawat N219 di Machining-Direktorat Produksi PT DI pada Agustus 2014, menandai masuknya N219 pada tahap produksi. Belum juga rampung, namun beberapa pemesan sudah mengantre salah satunya negeri Thailand.

“Pemesan sudah ada. Termasuk dari Angkatan Udara dan agak jauh dari Thailand,” kata Direktur Utama PT DI Budi Santoso.

Sementara itu, Menristek mengaku akan terus menggenjot proyek pembuatan pesawat hasil karya anak bangsa ni. Dia ingin pesawat dengan kapasitas 19 orang tersebut bisa diperkenalkan pada pertengahan tahun ini.

“Kita ingin mewujudkan N219 yg akan diproduksi PT DI 2015 ini roll out dan bisa terbang dan sukses,” terang Nasir. (Ahmad/BSB/B01)

You might also like
Comments
Loading...