Belum Ada Regulasi, Pungutan Tiket Masuk Wisata Diserahkan ke Pokdarwis

Serang  (30/7/2019) Satubanten.com – Pemungutan retribusi tiket masuk di empat tempat wisata di Kota Serang yakni Situ Ciwaka di Walantaka, Cidampit di Taktakan, dan wisata laut Pancer di Karangantu belum  ada regulasinya.  Sehingga, saat ini diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) binaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Disparpora Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, saat ini pemungutan tiket masuk kawasan wisata dikelola oleh Pokdarwis masing-masing daerah. Namun, perihal pungutan tersebut ia menjelaskan belum ada payung hukum yang mengaturnya.

“Kalau dari kami tidak ada retribusi, akan tetapi karena dikelola oleh mereka (Pokdarwis). Jadi itu sebagai dana partipasi pengujung untuk menjaga kebersihan dan perawatan. Itu bukan retribusi, itu namanya partisipasi. Tapi kalau dari pemerintah itu tidak ada,” ujarnya, Selasa (30/7).

Pungutan tersebut, ujar dia sangat wajar. Karena pengelola membutuhkan biaya perawatan dan keberlangsungan hidup mereka. Dengan adanya tempat wisata juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat yang tinggal didaerahnya. “Kan mereka jadi bisa mendapatkan penghasilan. Masuknya berbayar, ya wajar kan mereka butuh perawatan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi Kreatif Disparpora Kota Serang Eka Purwanti mencontohkan salah satu tempat wisata yang telah berhasil dikelola oleh Pokdarwis binaannya. “Pancer itu dikelola sama Pokdarwis yang tak lain adalah masyarakat setempat. Mereka sudah mengerti seberapa harus memungut retribusi dari para pengunjung. Jadi tidak akan lebih,” katanya.

Adapun hutan mangrove, yang sempat dikeluhkan pengunjung, dikatakannya, bukan dikelola oleh Disparpora Kota Serang.  Ada yang milik Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan ada pula milik swasta atau perorangan. “Itu kan ada yang di STP sama yang di dekat pelabuhan. Tapi bukan dari kami yang kelola,” ujarnya. (SBS-02)

You might also like
Comments
Loading...