Belum Ada Regulasi, Bank Berkah Himbau Debitur Tetap Bayar Angsuran

Pandeglang (27/3/2020) Satubanten.com – Pemerintah telah menyiapkan berbagai stimulus untuk mengantisipasi adanya pelemahan ekonomi akibat pandemi virus corona atau COVID-19. Salah satunya dengan pemberian relaksasi kredit perbankan untuk pelaku usaha mikro dan kecil atau UMKM.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan telah menegaskan adanya pemberian relaksasi kepada pelaku usaha mikro dan kecil berupa penundaan pembayaran cicilan selama satu tahun ke depan. Melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) relaksasi kredit di bawah Rp10 miliar akan diberikan penundaan cicilan sampai satu tahun dan penurunan bunga.

Namun, beberapa perbankan terlihat belum menjalankan imbauan tersebut secara menyeluruh. Berdasarkan surat pernyataan yang diterima Satubanten, Bank Berkah Pandeglang menyatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait arahan Presiden tersebut.

“Dengan adanya wabah Covid-19 yang sangat luar biasa ini, kami dari Bank Berkah untuk saat ini belum ada informasi terkait penangguhan angsuran. Jadi dihimbau bagi para debitur yang memiliki kewajiban pembayaran angsuran kredit di Bank Berkah, untuk dapat dibayar tepat waktu seperti biasanya. Pembayaran dapat ditranfer atau datang langsung ke Bank Berkah terdekat,” tulis surat pernyatan Bak Berkah, Jumat (27/3)

Direktur Operasional Bank Berkah, Kiki D Huda membenarkan surat tersebut. Tujuannya mengingatkan debitur akan pembayaran tunggakan angsuran mengingat sampai saat ini pihaknya belum menerima regulasi yang jelas atas imbauan OJK tersebut. Meskipun begitu, Bank Berkah telah menyiapkan skema dalam relaksasi kredit UMKM.

“ Bank Berkah menyambut baik kebijakan relaksasi stimulus perekonomian yang di keluarkan oleh OJK. Sebagai tindak lanjut, Bank Berkah sudah menyiapkan beberapa mekanisme khusus, seperti relaksasi restrukturisasi dan relaksasi kebijakan kredit terdampak wabah covid-19,” jelasnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...