Begini Cara Ukur Bodi Kiri dan Kanan Mobil di Jalan Sempit Pakai Sedotan

Pengemudi mobil pemula kerap kesulitan mengukur sisi kiri dan kanan mobilnya saat melintasi jalan sempit. Pengendara mobil pemula kerap tak tahu apakah bodi kiri dan kanan mobil mereka sudah benar atau tak menyerempet benda di sisi kiri, dan tak akan menabrak motor atau mobil yang melintas di sisi kanan.

Selain itu banyak pula pengemudi mobil yang tak tahu sedekat apa ban kiri mobil mereka dengan selokan saat melintas di jalan sempit.

Hal ini memicu pengemudi pemula selalu mengambil lebih ke sisi kanan saat melintas jalan sempit. Akibatnya para pengemudi mobil dari arah berlawanan kerap kesulitan dan dibuat jengkel karena jalurnya diserobot.

Lalu bagaimanakah cara paling jitu mengepaskan bodi sisi kiri mobil dan kanan di jalan sempit?

Sedotan

Trik ini ternyata sangat mudah dipraktekan. Bisa dilakukan hanya dengan menyiapkan 2 sedotan. Ya, kuncinya ada pada apa yang dilihat pengemudi di depan matanya dari balik kemudi mobil atau berdasarkan cockpit view.

Pengukuran sisi kiri dan kanan mobil dilakukan pada saat awal mengemudi. Harus diukur terlebih dahulu patokan paling tepatnya baik sisi kiri dan kanan, lalu tandai dengan sedotan.

Caranya bawa mobil anda ke jalan, lalu cari suat patokan entah garis pinggir jalan, benda atau apapun. Pepetkan mobil ke titik paling mepet dengan patokan itu baik sisi kiri dan kanan. Apabila mobil sudah paling mepet dengan patokan yang anda pilih, lalu lihat dari cockpit view.

Tentukan titik di kaca yang memperlihatkan paling sejajar dengan sisi patokan tadi. Tandai dengan menaruh sedotan di kaca cockpit view baik sisi kiri dan kanan.

Nah berikutnya saat mengemudi anda hanya tinggal mengukur atau mengepas bodi sisi kiri dan kanan mobil dari 2 sedotan yang telah anda taruh di kaca tadi.

Apabila sisi kiri dan kanan belum menyentuh sedotan, maka anda tak akan keluar jalur atau menabrak benda lain di depan anda saat melewati jalan sempit.

Apabila anda tak mau menaruh sedotan. Anda bisa mengukurnya dengan melihat ujung kanan wiper sebagai titik sisi kanan. Sedangkan titik kirinya sekitar satu jengkal lebih sedikit dari ujung kanan wiper di kaca pengemudi.

Nah, mudah bukan.

You might also like
Comments
Loading...