Beasiswa LPDP 2019 Resmi Dibuka

Jakarta (10/05/2019), Satubanten.com – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) resmi merilis informasi pembukaan pendafataran beasiswa tahun 2019. Informasi tersebut bisa dilihat melalui sosial media media instagram @lpdp_ri. Menurut Irfan, salah satu awarde LPDP, ada berbeda dari persyaratan pengajuan LPDP di tahun 2019 ini.

“Kalau kita pas pendaftran yang periode sebelumnya kan ada tes LGD dan tes membuat Essay. Nah kalau sekarang itu udah nggak ada, gantinya nanti Rencana Study dan Proposal Study gitu,” tuturnya dalam forum diskusi online Mentoring LPDP.

LGD atau Leaderless Group Discussion sendiri adalah tes dimana semua calon awarde LPDP diharuskan terlibat aktif dalam sebuah forum diskusi dimana tidak ada pemimpin dalam diskusi tersebut. Semua peserta mempunyai posisi yang sama dan setara tidak dibedakan berdasarkan apapun. Topik diskusi biasanya sudah disiapkan oleh panitia berupa artikel yang diberikan pada masing-masing calon.

Setelah membaca artikel, peserta akan berdiskusi selama kurang lebih 25 menit dengan memaparkan berbagai pandangannya. Selain mengasah kemampuan komunikasi, tes ini juga bertujuan untuk menguji seberapa luas pengetahuan calon dan tingkat penerimaan terhadap pandangan orang lain. Oleh karena itu performa gestur tubuh saat memaparkan pemikiran juga saat menyikapi pandangan lain sangat penting dalam hal ini.

Selain tes LGD dan essay diganti, menurut Irfan para calon peserta tahun ini juga masih harus memenuhi standar TOEF: sebesar 553. Untuk itu dia berpesan kepada calon peserta yang belum bisa memenuhi standar skor tersebut agar segera memperbaikinya.

Sementara itu menurut Awarde LPDP lain yakni Nur Jenah, para calon peserta LPDP kali cukup beruntung karena dapat memilih 3 universitas untuk diajukan. Hal ini membuat peluang bagi penerima semakin besar.

“Kalau sekarang enak sih menurutku karena bisa ngajuin 3 universitas yang nantinya bisa dipilih. Jadi menurutku ini bisa memperbesar peluang teman-teman yang nanti mau daftar. So, buat temen-temen jangan sampe disisa-siakan kesempatan ini,” pungkasnya.

Informasi pendaftaran beasiswa LPDP ini akan dibuka dari tanggal 10 Mei hingga 31 Mei 2019. Kemudian akan dilanjutkan dengan tes dan tahapan seleksi selanjutnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat melalui sosial media Instagram @lpdp_ri atau di situs resmi LPDP. (SBS032/IBC)

You might also like
Comments
Loading...