BAZNAS Banten Dorong Mahasiswa Jadi Pelopor Melalui Program SKSS

Serang (30/11/2019), Satubanten.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Banten mewisuda 10 penerima manfaat program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) angkatan I, Jum’at (29/11). Selain acara wisuda dan pelepasan, acara yang digelar 2 hari di hotel Kota Serang tersebut, diikuti oleh kegiatan Stadium Generale bagi angkatan baru penerima manfaat program SKSS, Sabtu (30/11).

Menurut Muhammad Zain Ramdhani, selaku Staff Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Provinsi Banten, program SKSS sudah berjalan sejak 2015 yakni ketika penerima manfaat angkatan pertama direkrut. Selanjutnya program bergulir hiingga angkatan III saat ini. Zain mengatakan bahwa dari tahun ke tahun penerima manfaat program SKSS BAZNAS Banten ini kuotanya semakin bertambah.

“Angkatan pertama tahun 2015 itu kita rekrut 10 orang, alhamdulillah sudah diwisuda kemarin. Untuk Angkatan kedua kita rekrut tahun 2017 sebanyak 15 orang dan terakhir ini angkatan ketiga, tahun 2019 kita rekrut sebanyak 24 orang,” kata Zain.

Dalam menjalani program SKSS, penerima manfaat tidak hanya mendapat biaya kuliah namun ada kegiatan pengayaan yang dilakukan BAZNAS untuk mahasiswa penerima manfaat. Mahasiswa penerima manfaat juga diberikan pelatihan, pembinaan dan pengambdian kepada masyarakat. Selain itu mahasiswa penerima manfaat juga dilibatkan secara langsung dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan BAZNAS Provinsi Banten.

TONTON JUGA : 

Hingga saat ini Program SKSS BAZNAS Banten telah menggandeng 2 Universitas Negeri yang ada di Banten yakni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten. Dari program SKSS ini, diharapkan para penerima manfaat bisa menjadi pelopor yang memotivasi keluarganya dan lingkungannya agar bisa memperbaiki taraf pendidikan.

“Harapannya dari program ini, keluarga yang tadinya tidak mempunyai sarjana jadi ada. Dan nantinya bisa memotivasi saudara-saudaranya, keluarganya dan lingkungan di sekitarnya dan secara luas lingkungan negaranya. Sehingga keluarga yang tadinya mustahik bisa naik tarafnya menjadi muzakki,” imbuhnya.

Sementara itu, Erdang Kurniawan salah seorang penerima manfaat program SKSS dari UIN SMH Banten jurusan Bimbingan Konseling Islam mengatakn bahwa dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti program SKSS BAZNAS Provinsi Banten. Materi yang diberikan, menurut Endang sangat bermanfaat dan membangun jiwa sosial.

“Saya bersyukur bisa ikut, materinya menurut saya bermanfaat sekali. Dapat menumbuhkan jiwa sosial kepada masyarakat sekitar. Apalagi kalau di daerah saya itu terpencil dan masih jarang sekali mendapat perhatian. Harapannya setelah mengikuti program SKSS ini nantinya saya dapat menjadi salah satu Agent of Change di masyarakat,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...