Banjir Bandang Sebabkan 9 Jembatan Putus di Lebak Banten

Lebak (2/1/2020) satubanten.com – Sebanyak sembilan jembatan putus akibat banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (01/01/2020). Jembatan yang putus didominasi oleh jembatan gantung yang menjadi akses masyarakat untuk melakukan aktivitas mereka.

“Setelah didata ada sembilan jembatan yang putus, satu jembatan permanen yang menghubungkan Kecamatan Sajira dengan Kecamatan Muncang dan delapan lainnya merupakan jembatan gantung,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kaprawi.

Putusnya jembatan penghubung antara Sajira dengan Muncang diakibatkan meluapnya aliran Sungai Ciberang sekitar pukul 10.00 WIB. Akibatnya, warga harus memutar arah mengambil jalan yang lebih jauh sekitar 35 kilometer.

Sementara 8 jembatan gantung yang putus tersebar di 6 Kecamatan yang terdampak Sajira, Cipanas Lebak Gedong, Cimarga, Maja dan Curug Bitung.

“Banjir bandang yang menerjang Lebak karena memang hujan selama 24 jam terus turun,” ujarnya.

Salah satu warga Desa Tanjung Sari, Kecamatan Maja, Lebak Topan (39) mengatakan, jembatan gantung yang menghubungkan Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor terputus.

“Itu jembatan berharga bagi anak sekolah dan masyarakat. Saat ini, warga sangat membutuhkan bantuan,” kata Topan. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...