Balai Besar POM di Serang Gagas Kegiatan Inovasi Bunga Desa

Serang (08/04/2021) satubanten.com – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Serang menggelar kick of meeting dan pengukuhan dukungan inovasi Bunga Desa, (Bantu UMKM Pangan di Desa) dengan Satuan Operasional Perangkat Daerah (SOPD) dan instansi lintas sekotral.

Hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP), Bank Indonesia, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang, Dinas Kesehatan, UPTD PSMB Prov Banten, UPTD BPTSI dan BPJHP.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa tersebut digelar di Aula Kantor Balai Besar POM di Serang, Banjarsari, Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (8/4/2021).

Kepala Balai Besar POM di Serang
Trikoranti Mustikawati mengatakan, kegiatan tersebut bagaimana pemasaran UMKM di desa ini dapat bersinergi dengan SOPD yang lain. Jadi tidak berdiri sendiri, tapi keterkaitan antara Balai Besar POM dengan SOPD sehingga dapat membantu UMKM.

“Banyak pelaku UMKM tidak mengetahui bagaimana mengurusi izin di Pemda, bagaimana produksi yang baik dan benar, bagaimana pelebelan. Nanti kita akan melakukan pendampingan bersama lintas sektor terkait untuk membantu UMKM,” katanya.

“Jadi kami akan bergandengan untuk mempermudah pengurusan UMKM-UMKM di desa, seperti masalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kita gandeng pihak pajak, masalah lebel halal kita gandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dia menjelaskan jika program tersebut baru pertama kali launching, dan kegiatan tersebut baru langkah mensinergikan dengan instansi masing-masing sektoral. Kedepan pihaknya akan melakukan sosialisasi ke pelaku UMKM.

“Tahun ini akan kita lakukan di Kabupaten Serang, nanti akan kita evaluasi hasilnya, kita lihat kendala dan apa peluangnya. Kalau kegiatan ini hasilnya baik akan kita lakukan juga di kabupaten kota lainnya,” katanya.

Dirinya berharap, UMKM di desa apalagi di tengah pandemi covid-19 agar mereka tidak semakin lesu dalam produksi,”Dengan adanya program ini diharapkan mereka lebih semangat dan produktif lagi, dan juga dapat mengembangkan sayapnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian di desa,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Desa Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang H Nasir Al-Afghani mengatakan, pihaknya menyambut baik program tersebut.

“Kami sangat menyambut baik, ini dalam rangka memfasilitasi bagaimana UMKM di Kab Serang ini segera mendapatkan izin produksi, sertifikat dan sebagainya. Sebab di bawah masyarakat banyak yang belum tahu,” katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya sinergitas antar instansi dengan kompetensi di bidangnya dapat mempermudah UMKM khususnya di desa dalam mengurusi status, sertifikat dan lain sebagainya.

“Karena mana mungkin UMKM bisa melejit lebih jauh lagi kalau kita tidak punya status, karena jika belum tersertifikat ini menghambat pemasaran,” katanya. (RR/SBS31)

Comments
Loading...