Attitude Adalah Kunci Sukses Anak Bangsa


Oleh : Wardah Khofifah Zaen
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah & Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Serang satubanten.com – Peran orang tua sangatlah penting terhadap masa depan anak untuk menjadi penerus dalam keluarga, Agama, Bangsa dan Negara. Tumbuh berkembangnya anak dilihat dari bagaimana orang tua dan guru mendidiknya, tidak hanya dalam jenjang pendidikan saja, attitude yang positif terhadap anakpun juga sangatlah penting dalam perkembangan anak. Apalagi dijaman sekarang ini, teknologi berkembang sangatlah pesat, semua orang menggunakan teknologi, sosial media.

Tidak pandang umur, dari anak kecil sampai pada orang tuanya pun semua mengerti akan perkembangan teknologi sekarang. Tak mau kalah dengan anak muda, yang lanjut usia pun update terhadap sosial media yang menjadi buming pada masa sekarang ini, sampai lupa terhadap attitude dalam bersosial media. Perubahan jaman sangat berpengaruh terhadap sikap anak. Banyak anak sekarang yang tingkah lakunya tidak pantas seperti layaknya anak seumurannya.

Dengan kehebatan sosial media sekarang seolah menentukan bagaimana orang akan bersikap terhadap dirinya yang seolah tidak malu akan kelakuannya. Namun tidak seburuk yang orang nilai, ada nilai plus juga apabila si anak memiliki didikan yang baik, lingkungan yang baik dan akan bersikap baik pula dalam menghadapi perubahan jaman sekarang ini. Dengan situasi yang serba online atau daring ini orang tua sebagai peran utama dalam mendidik dan mengajarkan anak bagaimana berattitude.

Attitude disini tidak hanya dalam belajar, namun bagaimana agar kita bisa menjadi orang yang bersikap baik, berprilaku baik, berinteraksi baik, beranggapan baik, dan berkomunikasi baik terhadap sesama manusia yang tidak keluar dari tata nilai dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat sehigga kita memiliki nilai moral yang baik dipandangan masyarakat.

Kunci kesuksesan seseorang di nilai dari bagaimana orang bersikap (attitude), sikap terhadap sesama manusia. Banyak anak bangsa yang sekolah tinggi-tinggi namun belum berprestasi dan banyak pula anak bangsa yang sekolah biasa namun berprestasi, itu semua bisa dilihat dari attitude nya. Attitude nya dalam menuntut ilmu, attitude terhadap gurunya, temannya, dan masyarakat sekitar.

Attitude yang baik akan dinilai baik pula bahkan orang lain senang terhadap nya, namun jika sebaliknya, attitude yang buruk akan dinilai buruk pula oleh orang lain bahkan bisa sampai dihindari. Lingkungan yang baik akan menghasilkan pergaulan yang baik pula, sebaliknya, lingkungan yang buruk akan menghasilkan pergaulan yang buruk pula.

Maka dari itu attitude tidak bisa dibeli namun tumbuh dalam diri sendiri yang sadar akan dirinya dan tak luput dari bimbingan dan didikan orang tua. Ada kata pepatah berkata “ Ilmu tanpa Akhlak yang baik itu tak bernilai “ maka dari itu betapa pentingnya sikap (attitude), akhlak, prilaku dalam menentukan kesuksesan seseorang.

Indonesia akan kaya budaya nya, bermacam-macam agama nya, yang menekan kepada sikap, prilaku, nilai norma, moral, dan etika nya terhadap sesama. Karena itu jika ingin dinilai baik, maka bersikap baik pula. Dan apabila ingin sukses attitude yang baik salah satu kuncinya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...