Apem Putih Khas Cimanuk Kuliner Buka Puasa Kesukaan Warga Pandeglang

Pandeglang, (08/05/2019)- Satubanten.com-  Setiap hari menjelang berbuka puasa, Pasar Pandeglang, Banten, semakin dipadati pembeli untuk mendapatkan berbagai macam takjil, Para pedagang menyediakan aneka makanan pembuka (takjil), seperti aneka gorengan, kue lapis, pastel, kolak pisang, serta minuman segar.  Dari aneka macam takjil, penganan tradisional khas Pandeglang, apem putih paling banyak diburu pembeli di Pasar Pandeglang, Rabu, (08/05).

Emak Iyot (60), warga Kadu Tampeng, Cimanuk, Pandeglang, mengaku, apemnya selalu diserbu pembeli jelang waktu berbuka puasa. Wanita yang sudah menekuni profesi sebagai penjual apem putih selama puluhan tahun ini, setiap hari selama ramadhan bisa menjual 300 sampai 400 biji apem putih.

“Sebetulnya tiap hari juga kita buka, tapi kalau bulan puasa pembeli mulai dari jam 12:00 siang sampai 17:30 sore terus berdatangan.  Apalagi pas buka puasa, pembeli makin banyak yang ngantri, bahkan ada yang sampai engga kebagian,” ujar iyot.

Untuk harga Mak Iyot menjual apem putih per biji Rp 1000 untuk ukuran yang kecil, sedangkan untuk ukuran yang besar Rp 1500 per bijinya. kalau untuk 10 biji ada yang harga 10.000 dan ada juga yang 10 biji nya Rp 15.000.

Sambil terus melayani pembeli, ia menceritakan, jika pelanggannya tidak hanya datang dari Pandeglang, tetapi juga dari luar daerah. Biasanya pembeli dari luar datang jelang sore hari atau ngabuburit jelang waktu berbuka puasa,” pungkasnya. (Sbs/011).

You might also like
Comments
Loading...