Antusias Warga Cilegon Tukar Kartu ATM Berlogo GPN

Cilegon, (15/09/2018) Satubanten – Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan program Bank Indonesia (BI) yang menargetkan 30 persen dari nasabah perbankan hingga akhir tahun 2018 ini memiliki kartu debit dengan logo GPN, sebagai upaya untuk memperluas aksesibilitas dan meningkatkan keamanan transaksi kartu ATM Debit.

Kegiatan tersebut mendapat antusias masyarakat Cilegon untuk menukarkan kartu ATM lama ke kartu ATM berlogo GPN. Ada ratusan warga dan puluhan merchant bank dalam Festival GPN yang diadakan oleh Bank Indonesia. Salah satunya Bank BRI syariah yang menyiapkan sekitar 200 kartu ATM berlogo GPN dalam acara tersebut.

Sementara Bank BCA telah mengeluarkan sekitar hampir 200 kartu ATM berlogo GPN sejak pagi tadi. “Udah lumayan banyak, sekitar hampir 200 udah keluar. Banyak juga yang udah tuker kartu ATM lama,” ujar salah seorang pegawai Bank BCA.

Mega Karina salah satu penukar kartu ATM lama yang sedang antri di stand Bank BNI mengatakan, jika kegiatan ini sangat bagus untuk kemudahan masyarakat serta menguntungkan nasabah bank.

“Bagus banget sih ini acaranya, jadi kita gak perlu capek-capek dan ribet ngurus ke bank apalagi ini juga kan gratis buat ganti kartunya. Terus dengan logo GPN ini juga kan menguntungkan banget buat nasabah, kalo kita belanja ya bebas mau pake EDC mana aja tanpa ada biaya tambahan,” katanya.

GPN merupakan terobosan dalam rangka menghapus sekat-sekat yang selama ini diciptakan melalui peraturan dari masing-masing bank, di mana untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama.

Melalui GPN ini, pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau perangkat Electronic Data Capture (EDC) bank lain. Pemersatu semua proses transaksi antarbank itu nantinya adalah sebuah logo GPN berupa burung garuda berwarna merah yang disematkan di tiap kartu debit dan kartu uang elektronik. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...