Antisipasi Kecurangan, 17 SPBU di Kota Serang Jalani Uji Tera

Serang (18/9/2019) Satubanten.com – Sebanyak 17 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjalani pemeriksan atau Uji Tera yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdaginkop dan UKM.

Periksaan terhadap SPBU ini dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dilakukan pengelola terhadap takaran. Dari 17 SPBU di Kota Serang, dan hanya 1 yang belum dilakukan pemeriksaan takaran. Dari hasil pemeriksaan pun, sejauh ini tidak ditemukan adanya kecurangan. Hanya memang ada satu SPBU yang diduga melebihi Batas Kesalahan Diizinkan (BKD).

Hal itu dikatakan oleh Kepala Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Yoyo Wicahyono. “Sudah dilakukan pengeceken oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi legal dan semuanya sesuai prosedur yang berlaku. Cuma ada satu SPBU di dekat Polda Banten dan kemarin baru diperiksa sudah diperbaiki tengki ukurnya,” ujarnya kepada wartawan (18/9).

Kepala Sub Bagian (Kasubag) UPT Metrologi Legal Kota Serang Eko Wahyu memastikan, semua SPBU yang ada di Kota Serang sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Sehingga masyarakat tidak perlu cemas akan adanya oknum pemilik SPBU yang melakukan kecurangan takaran BBM.

Pengecekan SOP tersebut dilakukan dengan cara memeriksa cairan BBM yang dikeluarkan. Itu harus sesuai dengan penunjuk takaran atau bejana pengukuran 20 liter.

“Jadi masyarakat itu biasanya melakukan pengukuran pada tangki motor atau mobil miliknya. Maka itu akan keliru, karena itu bukan alat pengukuran cairan BBM yang dikeluarkan pompa ukur BBM,” terangnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...