Aksi World Clean Up Day Cilegon, Dari Kota Baja Untuk Dunia

Senin, 17 September 2018

Bermula dari Estonia, lalu menjadi gerakan mendunia. World Clean Up Day, sehari menjaga kebersihan bersama untuk kebersihan dunia.

Satubanten.com – Sejumlah pemuda yang terdiri dari berbagai organisasi terlihat beraramai – ramai memunguti sampah dengan plastic sampah (trashbag) besar ditengah hiruk pikuk acara di Alun – alun Kota Cilegon pada Sabtu (15/9) sore. Menurut keterangan salah satu anggota pemuda pancasila Herbowo, acara tersebut adalah aksi yang bertajuk Worrld Clean Up Day.

“Aksi ini bertajuk world Clean Up Day yang diselenggarakan serentak diseluruh dunia. Untuk di Banten sendiri dilakukan Sabtu dan Minggu,” tuturnya.

Gerakan bertajuk World Clean Up Day sebenarnya sudah berlangsung lama secara global. Gerakan ini dimulai sejak 10 tahun yang lalu di Estonia. Pada saat itu 4% dari penduduk Estonia keluar rumah untuk bersama – sama memungut sampah yang dibuang sembarangan. Gerakan ini lalu mengispirasi orang – orang di dunia untuk melakukan hal yang sama. Akhirnya tanggal 15 September secara serentak diperingati sebagai hari kebersiahan atau World Clean Up Day.

Di provinsi Banten, World Clean Up Day dilakukan serentak di 8 kabupaten kota seluruh Banten. Sedangkan untuk di Kota Cilegon sendiri, titik pembersihan difokuskan pada beberapa titik antara lain di Anyer yang dilakukan pada hari Kamis dan Sabtu. Sedangkan di Alun – alun kota Cilegon dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Satu titik lagi yakni di CFD yang dilakukan pada hari minggu.

“Kemarin sebenarnya sudah di Anyer, lalu disambung hari ini. Nah sore ini sebenernya ada juga di Anyer dan di sini (Alun – alun). Untuk besok, kita mulai pembersihan di Car Free Day mulai dari pagi. Di sini juga ada besok pagi sembari melakukan aksi di CFD itu,” tutur Bowo.

Beberapa titik lain di Banten yang juga menjadi sasaran World Clean Up Day adalah Stadion Maulana Yusuf, Kelurahan Calung dan Pantai Gope Karangantu. Secara global World Clean Up Day ini ditujukan untuk memaksimalkan kebersihan di berbagai titik, baik di sungai, pantai, hutan maupun di jalan raya. Aksi ini tentu baik untuk mengimbangi kebiasan membuang sampah yang masih mengakar dalam diri masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Kota Cilegon pada khususnya.

 

Ditulis oleh : Imam B. Carito

Diedit oleh : SBS032

*Baca tulisan lain Imam B. Carito atau artikel lain tentang World Clean Up Day.

You might also like
Comments
Loading...