Akhir Tahun, Permintaan Bahan Pangan di Tangsel Naik 21,50 Persen

Tangerang (3/12/2019) Satubanten.com,- Memasuki penghujung tahun daya beli masyarakat terhadap komoditi bahan pangan meningkat signifikan. Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kenaikan permintaan pasar bisa mencapai hingga 21,50 persen.

“Terutama pada daging ayam di periode tahun baru konsumsinya naik segitu,” kata Aep Saripudin, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel, (Selasa 3/12/2019).

Ia jelaskan, permintaan stok daging sapi juga melonjak sampai 10,5 persen dari biasanya. Sedangkan cabai rawit 18,5 persen.

“Itu untuk periode tahun baru, kalau natal itu yang meningkat pada permintaan telur ayam ras. Kenaikannya hingga 13,5 persen,” ujar Aep.

Sementara untuk komoditas pangan seperti beras, bawang merah, gula pasir, bawang putih kenaikannya berkisar 0,50 sampai 3 persen dibanding konsumsi harian biasa.

Meski demikian, lanjut Aep, periode konsumsi pada Desember menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, masih lebih kecil dibandingkan dengan adanya ibadah puasa dan perayaan Idul Fitri.

“Khususnya lebaran. Konsumsi tertinggi kita di periode itu. Kenaikan konsumsinya bisa 20 sampai 30 kali lipat,” tutup Aep. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...