Adu Ketangkasan Domba Garut Untuk Pertama Kalinya Digelar di Serang

Serang (7/7/2019 ) Satubanten.com – Jelang Idul Adha untuk pertama kalinya kegiatan adu katangkasan domba Garut digelar di Banten.

Sekitar 50 ekor jenis  Domba Garut yang berasal  kabupaten dan koya  se-Banten beradu ketangkasan di Lingkungan Sewor, Kelurahan Banjar Sari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Ahad (7/7).

Ketua Padepokan Domba Siloka Smart wilayah Banten Dede Roni mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan di daerah Garut. Namun untuk pertama kalinya dilakukan di Banten, tepatnya di Kota Serang. Apalagi kegiatan itu bertepatan dengan datangnya Idul Adha.

Menurutnya, di Provinsi Banten agenda adu ketangkasan dan pameran ternak domba jarang ditemui, padahal kegiatan adu ketangkasan dan pameran ternak ini dapat memberikan wawasan para peternak dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat di Banten, terutama anak muda, khususnya peternak Domba.

“Saat ini anak-anak muda sudah tergerus dengan modernisasi. Beternak domba atau menjadi penggembala domba itu dianggapnya kotor dan tidak ada hasil yang menggiurkan. Nah di sini kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, kalau beternak domba atau kambing itu bisa menopang kehidupan, apa lagi bisa beternak dengan domba-domba seperti ini,” ujarnya.

Roni berharap kegiatan ini dapat meningkatkan silaturahmi para peternak domba, kemudian menjadi rutinintas tahunan di Kota Serang atau di wilayah lain di Provinsi Banten.

“Sebetulnya kami hanya mensuport kawan-kawan peternak untuk menghasilkan hasil ternak yang baik dan beternak yang modern. Kemudian, meningkatkan penghasilan peternak, sehingga pameran ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual domba milik peternak. Kemudian dapat menjaring para investor bagi peternak domba,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas pertanian (Distan) Kota Serang Siswati mengapresiasi adanya kegiatan adu ketangkasan Domba Garut dan pameran ternak. Pihaknya juga berharap populasi Domba Garut dapat berkembang di Kota Serang. Sebab menjelang Idul Adha, biasanya kebutuhan masyarakat akan domba Garut meningkat.

“Biasanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kami selalu ambil dari luar daerah. Hampir 90 persen kami mendatangkan dari luar. Seperti Bogor , Purwakarta dan Garut, Jawa Barat. Dengan adanya kegiatan ini, semoga masyarakat mampu beternak Domba Garut secara mandiri. Dan kami pun berharap bisa diagendakan setiap tahun sehingga menarik wisatawan ke Kota Serang,” katanya. (SBS-02)

You might also like
Comments
Loading...