7 Cara Sederhana Untuk Memperpanjang Umur

Healt, (27/11/14) SatuBanten- Punya rencana untuk menikmati hidup sampai umur 80 tahun atau lebih? Tentu kita harus berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan kita. Tetapi, selain dua tips klasik tersebut, psikologi menemukan banyak cara bagi anda untuk makin memperpanjang umur. Di luar umur atau takdir sudah ada yang mengatur, ini dia beberapa hal-hal sederhana yang ternyata memberikan dampak besar bagi kesehatan.

1. Mengadopsi teman berbulu

Teman berkaki empat Anda mungkin membantu Anda hidup lebih lama. Menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan di jurnal Circulation. Para peneliti percaya memiliki seekor anjing mungkin membuat pemilik lebih aktif dan sebagai hasilnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

“Pemilik anjing yang sering berjalan dengan anjing mereka lebih mungkin untuk memenuhi rekomendasi untuk aktivitas fisik sehari-hari (150 menit setiap minggu),” kata asisten profesor psikologi di Webster University di St Louis, MO, Eric A. Goedereis, PhD, seperti dikutip dari Yahoo Health.

Memiliki hewan peliharaan juga mengurangi stres yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Memiliki lebih banyak seks

Beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara orgasme dan umur panjang. Dalam sebuah penelitian di tahun 1997, pria yang memiliki lebih banyak orgasme lebih mungkin terhindar dari penyakit jantung daripada mereka yang lebih sedikit orgasme. Seks juga telah terbukti untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh, mengurangi stres dan bahkan mengendalikan nafsu makan seseorang.

3. Flossing setiap hari

Flossing tidak hanya menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi anda, tetapi juga menghilangkan bakteri yang terbentuk sebelum ia memiliki kesempatan untuk mengeras menjadi plak. Penyakit periodontal karena kurang flossing dapat memicu peradangan tingkat rendah, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke dini. Sejumlah penelitian menemukan hubungan bakteri mulut dengan penyakit kardiovaskular. The American Dental Association merekomendasikan flossing setidaknya sekali sehari.

4. Memiliki sikap positif

“Tertawa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi gula darah, nyeri dan stres yang lebih rendah yang semuanya dapat membuat tubuh anda lebih sehat,” kata psikolog Elizabeth Lombardo, PhD.

5. Menciptakan hubungan sosial

“Orang-orang dengan hubungan sosial yang lebih kuat memiliki kesempatan 50 persen lebih besar untuk hidup terus dibandingkan dengan mereka dengan hubungan lebih lemah,” kata Lombardo.

Kesepian juga dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh,sehingga sulit untuk melawan penyakit.

6. Menemukan tujuan hidup anda

Terlepas dari usia anda, menemukan tujuan dalam hidup dapat membantu anda hidup cukup lama untuk membuat perbedaan.

“Orang yang memiliki tujuan dalam hidup mereka mungkin lebih cenderung untuk mengambil langkah-langkah untuk menjadi lebih sehat,” kata Lombardo.

7. Mulai pagi anda dengan kopi

Studi menunjukkan kopi mengurangi risiko sejumlah penyakit kronis. Minum kopi dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung dan penyakit  (BSB/005)

You might also like
Comments
Loading...