5 Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Serang (7/12/2019) Satubanten.com – Liburan sekolah dan akhir tahun sudah tinggal menghitung hari. Sebagian masyarakat banyak yang memanfaatkan momen tersebut dengan liburan.

Tentunya kita ingin liburan akhir tahun berjalan tanpa kendala. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum datang waktunya liburan. Berikut 5 tips yang perlu dilakukan agar liburan akhir tahun berjalan menyenangkan:

1. Pilih jadwal liburan

Hal pertama yang harus dilakukan saat mempersiapkan liburan akhir tahun adalah menentukan jadwal. Dua hal yang perlu dipastikan yakni kapan dan berapa lama waktu liburan nanti. Pasalnya, menentukan jumlah hari cuti yang harus diajukan ke perusahaan tempat bekerj

2. Persiapkan Dana Khusus untuk liburan dengan Cermat

Liburan merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak dan relaksasi diri. Jangan sampai, pulang liburan kamu menjadi stres karena dana liburan menguras habis tabungan. Oleh karena itu, perencanaan dana liburan harus dilakukan dengan matang.

Pertama, kamu harus menyiapkan dana untuk kebutuhan primer seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Selanjutnya, siapkan kebutuhan tersier liburan seperti tiket masuk atraksi dan oleh-oleh. Biasanya, kebutuhan tersier inilah yang kurang terencana dengan baik, sehingga memakan banyak bujet liburan.

3. Tentukan Destinasi atau Tujuan Wisata untuk liburan

Setelah mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang kamu alokasikan untuk liburan, saatnya menentukan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Kamu bisa mulai bertanya pada diri sendiri, di mana kamu ingin menghabiskan liburan akhir tahun? apakah pantai, gunung, atau hanya keliling kota. Pertanyaan selanjutnya, apa yang akan kamu lakukan di sana? Berbelanja atau mengunjungi landmark wisata?

4. Siapkan kebutuhan transportasi, akomodasi, dan hiburan

Hal yang paling penting lainnya dalam menyiapkan liburan yaitu kebutuhan transportasi, akomodasi, serta hiburan. Pastikan kamu telah memesan semuanya jauh sebelum keberangkatan. Agar lebih praktis, kamu bisa memesan semua kebutuhanmu melaui travel agent.

5. Jaga kesehatan

Tidak ada liburan yang menyenangkan jika dijalani dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan.

***
(SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...