5 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis, Baik Untuk Kesehatan

Kesehatan, Satubanten.com- Kabar akan tim bulu tangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari All England 2021 membuat kecewa masyarakat Indonesia. Pasalnya olahraga ini sudah lama menjadi favorit dan kebanggaan warga tanah air.

Prestasi atlet nasional di kancah internasional juga sangat baik termasuk tiga wakil Indonesia yang seharusnya masuk 16 besar All England 2021. Badminton kerap dimainkan masyarakat di pedesaan maupun perkotaan, tua dan muda. Saking populernya, survey Nielsen Sport 2020 menyatakan jika bulu tangkis merupakan olahraga favorit di Indonesia.

71% masyarakat Indonesia menyukai bulu tangkis, mengungguli sepakbola yang biasanya jadi primadona. Olahraga ini juga kaya akan manfaat sehingga kerap disarankan para ahli untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya itu, badminton juga tergolong aman dilakukah oleh sejumlah penderita penyakit kronis, tergantung tingkat penyakitnya.

Berikut adalah 5 manfaat badminton bagi kesehatan seperti yang dilansir dari laman Mensx pada Kamis (18/03/3021):

Menurunkan Berat Badan

Bermain bulu tangkis selama satu jam dapat membakar 480 kalori, lebih tinggi dibandingkan olah tubuh lainnya. Aktivitas ini menggerakan seluruh otot di tubuh dengan optimal, tak heran bila terasa sangat melelahkan. Jika dilakukan secara rutin, bermain badminton bisa menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram dalam sebulan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Bermain bulu tangkis selama satu jam menjadi aktivitas yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sistem metabolisme meningkat dan sirkulasi darah membaik sehingga produksi gula dari liver lebih rendah. Dalam jangka panjang, ini baik untuk orang yang berisiko terkena diabetes.

Menjaga Tekanan Darah

Kebanyakan orang menjaga kadar tekanan darahnya dengan konsumsi obat-obatan. Metode alami yang bisa dijadikan opsi yakni dengan olahraga, seperti bermain bulu tangkis.

Aktivitas ini efektif menurunkan tekanan darah dan memproduksi senyawa yang menghilangkan efek obat-obatan yang dikonsumsi selama ini.

Menguatkan Tulang

Kepadatan tulang penting untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tubuh. Bermain bulu tangkis membantu pertumbuhan sel-sel pembentuk tulang dan membantu mengumpulkan matriks kalsium yang dapat menguatkan fisik.

Meningkatkan Refleks dan Kecerdasan

Bukan hanya secara fisik, berolahraga badminton juga dapat meningkatkan kerja otak. Gerakannya yang gesit membuat kita lebih tangkas sekaligus menjaga konsentrasi. Kemampuan ini berguna dalam aktivitas sehari-hari khususnya dalam menghadapi stres. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...