Baca Ini, Sembelit Bisa Dipicu 5 Hal Ini

Kesehatan, Satubanten.com- Mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB) menjadi kondisi yang cukup mengganggu aktivitas harian Anda. Hal ini karena perut terasa begah sekaligus tidak nyaman.

Pada kebanyakan kasus, sembelit terjadi karena usus besar telah menyerap terlalu banyak air dari makanan. Karena itulah, cara terbaik untuk mengatasi sembelit adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Melansir duniakesehatan, ada lima hal yang ternyata dapat memicu terjadinya sembelit. Apa sajakah itu?

1. Berlebihan konsumsi obat pencahar
Mengonsumsi obat pencahar memang dapat membantu mengatasi sembelit, tetapi hanya bila dengan dosis yang sesuai. Mengonsumsi obat pencahar secara berlebihan justru dapat memicu terjadinya sembelit.

Hal ini karena usus Anda akan mengalami ketergantungan pada obat pencahar, sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya tanpa adanya obat tersebut.

2. Kurang konsumsi air putih
Tidak hanya melindungi dari berbagai gangguan ginjal, rutin konsumsi air putih juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. Hal ini karena usus besar akan menyerap sejumlah air dari sisa makanan saat berada di dalamnya. Kekurangan air akan membuat sisa makanan ini menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

3. Kurang konsumsi serat
Sayuran mengandung serat dapat membantu kerja saluran pencernaan. Jadi, tingkatkan konsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan serat harian Anda.

4. Jarang olahraga
Orang yang jarang melakukan aktivitas fisik mudah terkena sembelit. Hal ini banyak dialami oleh orang berusia lanjut atau oleh orang yang terus berbaring di tempat tidur selama beberapa minggu.

Tubuh yang tidak aktif juga akan membuat proses metabolisme dan kerja berbagai organ di dalam tubuh melambat, sehingga sembelit pun terjadi.

5. Usia
Seiring dengan bertambahnya usia, maka proses metabolisme di dalam tubuh juga akan melambat, yang tentu saja akan membuat kerja usus menurun. Selain itu, penuaan juga akan membuat otot-otot di saluran pencernaan tidak dapat bekerja secara optimal.

Pernahkah Anda mengalami sembelit secara terus menerus? (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...