4 Manfaat Safron untuk Wajah Agar Lebih Sehat dan Segar

Kesehatan, Satubanten.com– Memiliki wajah yang sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan yang di kulit, menjadi idaman semua orang. Untuk memiliki kulit yang selalu sehat dibutuhkan usaha untuk merawatnya, karena kulit wajah biasanya menjadi bagian dari kulit tubuh yang sering mengalami gangguan seperti jerawat, flek hitam, komedo, dan lain sebagainya. Salah satu cara merawat kulit yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti safron.

Manfaat saffron untuk wajah banyak dirasakan oleh mereka yang sudah sejak lama merawat wajah menggunakan bahan alami ini. Manfaat Bunga Safron untuk Wajah Tampil bersih dan segar bukan hanya kebutuhan bagi perempuan, kaum adam juga membutuhkannya. Berikut ini beberapa manfaat dari bunga safron yang akan membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sehat dan segar.

1. Mengatasi kulit kering Manfaat safron yang pertama untuk kulit wajah yakni melembabkan kulit secara alami. Kulit yang kering bisa menjadi masalah sendiri bagi sebagian orang. Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, membuat kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama dan membuat kulit menjadi mudah kering. Cepat, dan Permanen Kulit yang kering juga seringkali diikuti dengan permasalahan kulit lainnya seperti iritasi dan pengelupasan kulit.

Tentu saja hal tersebut tidak hanya mengganggu, tapi membuat rasa perih. Banyak orang yang merasa memiliki kulit kering lantas menggunakan berbagai produk kecantikan yang bisa mengatasi permasalahan tersebut, salah satu jenis bahan alami yang bisa dijadikan produk kecantikan untuk kulit kering yaitu safron. safron bisa digunakan sebagai masker dengan tambahan bahan alami lainnya yang akan membuat wajah Anda menjadi lebih lembab.

Berikut cara untuk membuat masker dari safron untuk mengatasi kulis kering: Siapkan bahan-bahan seperti air bersih, susu bubuk, dan safron sebanyak 4 sampai 5 helai. Campurkan seluruh bahan-bahan tersebut menjadi satu hingga berbentuk pasta. Oleskan masker buatan tersebut ke seluruh wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Ulangi penggunaan masker sebanyak 2 kali dalam satu minggu sehingga hasilnya lebih maksimal.

2. Membuat wajah tampak lebih cerah alami Kulit yang cerah juga bisa menjadi salah satu indikator kulit yang sehat. Manfaat safron untuk wajah berikutnya yakni bisa membantu mencerahkan wajah. Kulit yang kusam dan kurang cerah juga ternyata bisa menjadi masalah tersendiri. Banyak orang. Terutama perempuan yang merasa kurang percaya diri jika kulitnya kusam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak orang yang memanfaatkan bahan alami karena lebih aman dan efektif.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah, salah satunya yakni safron. safron bisa menjadi pilihan bahan alami untuk mencerahkan kulit karena memiliki senyawa crocin. Senyawa tersebut kaya akan anti oksidan dan vitamin c yang bagi kesehatan kulit wajah. Anda bisa menggunakan safron untuk mencerahkan kulit, dengan cara-cara sebagai berikut:

Siapkan bahan-bahan seperti 2 – 3 helai safron, biji bunga matahari sebanyak 3 – 4 biji, seperempat gelas susu. Lakukan peremdaman biji bunga matahari dan safron dalam susu yang sudah disiapkan selama satu malam. Hancurkan campuran tersebut hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah dan biarkan sampai 15 – 20 menit. Bilas wajah menggunakan air bersih. Lakukan perawatan tersebut 2 kali dalam satu minggu agar kulti wajah bisa lebih cerah secara maksimal.

3. Mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara alami Manfaat bunga safron lainnya yakni bisa mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara alami. Masalah jerawat menjadi salah satu masalah wajah yang paling sering dikeluhkan. Bagi Anda yang mungkin mengalami masalah jerawat dan bekas jerawat, tak ada salahnya mencoba menggunakan bahan alami seperti safron untuk mengatasi masalah tersebut.

Mudah dan Aman Cara menggunakan safron sebagai perawatan kulit berjerawatan, sebagai berikut: Siapkan satu per empat (1/4) gelas susu dan safron sebanyak 3 sampai 4 helai saja. Rendam bunga safron tersebut ke dalam susu, kemudian tunggu sampai 2 jam atau sampai susu meresap. Lalu, oleskan campuran safron dengan susu yang sudah berbentuk pasta ke bagian wajah yang berjerawat atau seluruh wajah. Diamkan selama 10 – 15 menit. Bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu. Namun jika setelah melakukan perawatan ini, muncul gangguan lain pada kulit Anda alangkah baiknya jika perawatan dihentikan.

4. Mengatasi mata panda Mata panda juga sering menjadi masalah yang dikeluhkan banyak orang. Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata ini sebenarnya tidak berbahaya. Akan tetapi, jika dibiarkan terus menerus membuat penampilan kurang segar dan wajah terkesan lesu. Menjawab masalah tersebut, safron bisa menjadi salah satu solusinya. Bunga ini bisa Anda jadikan bahan alami ini untuk perawatan mata panda yang alam dengan cara sebagai berikut:

Siapkan safron sebanyak 2 – 3 helai dan air sebanyak 2 sendok makan. Rendam bunga safron tersebut ke dalam air selama satu malam. Hancurkan safron sampai halus dan larut. Aplikasikan campuran tersebut pada area bawah mata, bisa dengan menggunakan kapas atas jari. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini di pagi hari sehingga manfaat safron untuk wajah akan lebih terasa. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...