2021 PMI Kota Serang Targetkan Pembangunan Gedung Transfusi Darah

Serang (22/01/2020) SatuBanten.com – Ketua PMI Kota Serang Ade Rossi Chaerunnisa lakukan audiensi dengan Walikota Serang Syafrudin di aula Setda kota Serang, Rabu (22/01). Menurutnya Urgensi pembentukan unit transfusi darah PMI kota Serang yang akan dilaksanakan 2021.

“Ini merupakan hal yang sudah amat sangat urgent, Pemkot dan masyarakat kota Serang juga mendukung hal ini dan Alhamdulillah pak walikota mensupport dengan sangat positif dan mudah-mudahan terencana dan pembangunan UTD di 2021 bisa segera berjalan karena perencanaan ini bukan hanya setahun dua tahun lalu tapi dari 2017 kami sudah menginginkan hal ini tetap ya Alhamdulillah kali ini sudah terealisasi dengan baik,” ujarnya kepada awak media.

Menurutnya ada 3 kelas UTD yaitu pratama, madya dan utama pihaknya akan memulai dari yang Pratama terlebih dahulu, dasar yang paling kelas bawah dengan harapan tiap tahunnya dapat naii secara bertahap.

“Dalam peraturan who bahwa dari rasio kebutuhan darah itu 2% dari penduduk di wilayah tersebut. Penduduk di kota serang ada 600 ribu jadi 2% nya itu ternyata 13 ribu kebutuhan darah tiap tahun untuk masyarakat kota serang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ade menjelaskan hal tersebut memang belum terpenuhi karena selama ini PMI kota Serang khususnya masyarakat kota Serang mendonorkan dan dikelola oleh UTD Kabupaten Serang. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan darah yang mencapai 2% dari jumlah penduduk pihaknya mengusulkan urgensi UTD milik kota Serang sendiri harus wajib terpenuhi.

Dalam kesempatan yang sama Walikota Serang Syafrudin juga menuturkan bahwa pembangunan Gedung transfusi darah sangatlah penting di kota Serang. Karena salah satu kabupaten/kota di provinsi Banten hanya di kota Serang yang tidak memiliki gedung.

“Jadi ini juga harapan masyarakat karena masyarakat selama ini transfusi nya ke kabupaten serang kemudian ketika masyarakat butuh darah malah kita beli,” imbuhnya.

Jadi audiensi ini merupakan sentuhan untuk masyarakat kota serang. Sehingga kami ingin segera membangun gedung transfusi darah ini karena pentingnya darah untuk masyarakat kota serang. Lahannya ada beberapa lahan, di empat titik. (RR/SBS31)

Comments
Loading...