Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Peresmian Gereja El Shaddai Oleh Menteri Hukum dan HAM

Tangerang, (05/12/2018) Satubanten.com,- Seiring meningkatnya jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lembaga pemasyarakatan maka berimbas pada kebutuhan akan tempat ibadah. Lapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang beruntung dapat membangun tempat ibadah bagi WBP yang beragama nasrani dan diberi nama Gereja El Shaddai.

Pembangunan Gereja El Shaddai merupakan bantuan dari Yayasan Yasindo, sebuah yayasan yang konsen melakukan pembinaan terhadap WBP setelah keluar dari Lapas/Rutan. Peresmian Gereja El Shaddai berlangsung pagi tadi, Rabu (05/12) dan diresmikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Acara tersebut dihadiri pula oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham, Asda I Setda Provinsi Banten, Walikota Tangerang Selatan serta Kakanwil Banten

Kakanwil, Sutrisman, yang mendapat kesempatan pertama memberikan sambutan menyampaikan bahwa berdirinya gedung Gereja El Shaddai ini berkat doa, dukungan dan usaha kita bersama. “Pembangunan gereja ini dirasakan sangat penting karena sebelumnya LPAW tidak mempunyai tempat ibadah khusus untuk WBP yang Nasrani.

“ujar Sutrisman. “Saat ini ada sekitar 88 WBP yang beragama Nasrani dan sebelumnya mereka beribadah dengan memanfaatkan ruangan seadanya. Saya bangga karena nama gereja ini sendiri merupakan usulan dari para WBP” jelas Sutrisman. “Di dalam UU No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal14 ayat 1(a) disebutkan bahwa Narapidana berhak melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya.

Sehingga berdirinya Gereja El Shaddai di dalam Lapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang ini membuktikan bahwa pihak Lapas memperhatikan hak-hak para WBP” papar Sutrisman.

Selanjutnya Menkumhan, Yasonna H. Laoly memberikan sambutan sekaligus meresmikan gedung Gereja El Shaddai. “Bu Airin, sebenarnya saya disuruh jadi pendeta oleh bapak saya. Karena tradisi di kami, anak sulung diprioritaskan untuk jadi pendeta. Namun ternyata saya malah jadi menteri” tutur Yasonna berkelakar mengawali sambutannya. (SBS09/Rls)

You might also like
Comments
Loading...