Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Menperin Resmikan Pabrik Karet Sintetis PT SRI

Cilegon (29/11/2013), Satubanten.com – Setelah melalui proses panjang, PT Synthetic Rubber Indonesia (PT SRI) akhirnya diresmikan hari ini, Kamis (29/11) di Kawasan Industri Kota Cilegon. Pabrik yang memproduksi karet sintetis untuk bahan baku ban tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Baginya PT SRI adalah wujud dari hasil kerja sama yang baik untuk meningkatkan industri petrokimia di Indonesia.

“PT SRI nantinya produknya akan diekspor ke berbagai negara di dunia. Pabrik ini tentu merupakan wujud dari kerja sama yang sempurna, dan kerja sama inilah kunci untuk mencapai percepatan pertumbuhan industri petrokimia di Komplek Industri Kota Cilegon ini,” tutur Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga juga mengatakan bahwa industri kimia adalah salah satu industri yang menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia dalam skenario Making Indonesia 4.0. Dengan adanya pabrik karet sintetis ini, diharapkan pemerintah bisa terdorong untuk juga mampu mengekspor produk-produk turunan lainnya.

PT Synthetic Rubber Indonesia (PT SRI) memang merupakan perusahaan gabungan (joint venture) antara Michelin dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan kepemilikan saham 55% milik Michelin dan 45% milik PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk. Dengan nilai total investasi sebesar 435US$, Presiden Direktur PT SRI Bradley R. Karas mengakui bahwa baginya ini adalah pencapaian yang luar biasa.

“Pabrik ini sudah kami mulai sejak lima tahun yang lalu, dan saat ini pabrik ini sudah menjadi kenyataan bahkan sudah mulai produksi pada akhir Agustus. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Produksinya hingga kini sudah mencapai 10.000 dan terus bertambah,” tutur Karas.

Baca Juga : Warga Padahayu, Tak Pupus Harapan Meski Pemerintah Tak Kunjung Bangun Jembatan

Sementara itu, General Managing Partner Michelin Group Florent Menegaux mengungkapkan bahwa kerja sama antara Michelin dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. adalah langkah strategis karena Michelin sendiri mempunyai kepedulian untuk memberikan pelayanan produk yang lebih baik bagi semua orang. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk. adalah rekan yang sesuai.

“Apa yang anda liat saat ini tidak akan terjadi tanpa adanya partner kerja yang baik, dan PT CAP telah menjadi partner yang tepat. Dengan PT CAP kami saling berbagi nilai-nilai yang sama tentang integrity, quality, safety, team work, acountability,” tutur Florent Menegaux dalam sambutannya.

Kerja sama saling menguntungkan ini juga diungkapkan oleh salah satu Direktur PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Suryandi saat melakukan Konferensi Pers usai peresmian. Kerja sama ini selain memberikan nilai tambah bagi Chandra Asri dan Michelin juga menguntungkan bagi pemerintah Indonesia dengan adanya komoditi baru untuk diekspor ke luar negeri..

“Bahan baku di PT SRI ini adalah sepenuhnya dari kita, dari Chandra Asri. Jadi produk yang tadinya kita ekspor kini bisa langsung diolah oleh Michelin, jadi bisa menambah value. Kedua, Bagi Chandra Asri ini adalah untuk mewujudkan visi dan misinya yaitu integrasi. Dan yang terakhir, produk dari PT SRI adalah ekspor, sekarang kan pemerintah sedang menggalakkan pabik-pabrik yang ekspor. Jadi ini salah satu upaya untuk menghemat devisa kita,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...