Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Pertamina Luncurkan Green Energy Station (GES) Bagi Kendaraan Listrik

JAKARTA,  SatuBantenNews – Pada era otomotif ditahun-tahun ini sudah banyak dikembangkan bahan bakar berbasis listrik, mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat semua produsen mulai berlomba-lomba mengembangka teknologi tersebut.

Baru-baru ini PT Pertamina (Persero) resmi memulai babak baru menyambut era kendaraan listrik. Yaitu dengan penyediaan pengisian daya untuk mobil listrik di SPBU COCO Kuningan, Jakarta Selatan, yang menjadi pilot project dari program Green Energy Station (GES).

Menurut Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, GES merupakan versi upgrade dari existing gas station Pertamina, jadi ini berbeda dengan Stasiun Penyedia Listrik Umum ( SPLU) yang dipelopori oleh PLN.

“Kita beda dengan SPLU, alau SPLU itu menyediakan lahan berupa colokannya saja. Artinya pemilik mobil atau motor listrik tetap harus membawa alat charging-nya, kalau GES ini tidak, semudah tinggal pakai,” ucap Adiatma

Adiatma menjelaskan, setiap SPBU Pertamina akan dilengkapi dengan fasilitas charging station, PV Station, dan digitalisasi jadi semuanya sudah lengkap tinggal nyolok.

Tidak menutup kemungkinan kedepanya  akan ada hubungan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) salah satunya adalah PLN. Karena meski secara fasilitas lebih fleksibel tapi daya yang disediakan tetap dari PLN juga.

“Ini kan baru, nanti diluncurkan di 10 Desember, jadi langkah-langkah ke depan dipastikan akan banyak lagi. Dengan BUMN lain seperti PLN tentu besar sekali peluangnya,” ucap Adiatma. (MHS/SBS)

You might also like
Comments
Loading...