Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Berolahraga Di Pagi Hari Mampu Membakar Kalori Dalam Tubuh

Serang, (26/11/2018) Satubanten.com,Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya menurunkan berat badan. Menurut penelitian, pagi hari merupakan saat yang tepat untuk berolahraga karena lebih mudah menjadikannya sebagai rutinitas.

Lari pagi sebagai aktivitas fisik, sangat baik untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara itu, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.

Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan manfaar lari pagi, upayakan berolahraga setidaknya 3 kali seminggu dengan total waktu sekitar 60-90 menit. Namun, bagi pemula dapat melakukan hal ini.

Latihan lari cepat dalam 10 menit 1 menit, lakukan jalan cepat atau berbaris di tempat 1 menit, lakukan lari di tempat ringan 1 menit, lekukan lari di tempat dengan batasan lutut sejajar dengan tinggi pinggang 30 detik, tingkat kecepatan masih dengan gerakan yang sama 30 detik, lekukan lari di tempat atau jalan di tempat 30 detik, tingkatkan kecepatan lebih dari sebelumnya namun masih dengan gerakan yang sama 30 detik, lakukan lari di tempat atau jalan di tempat 30 detik, tingkatkan kecepatan lebih dari sebelumnya namun masih dengan gerakan yang sama 30 detik, lakukan lari di tempat atau jalan di tempat 1 menit, lakukan lari sprint secepat mungkin 1 menit, lakukan jalan lari di tempat namun melambat 1 menit, lakukan jalan santai.

Jika Anda lari dengan cepat, denyut jantung Anda meningkat secara signifikan. Setelah sesi lari yang berat, tubuh Anda akan memerlukan waktu untuk pulih dan menenangkan diri untuk kembali ke kondisi awalnya. Selagi jantung Anda terus berdegup kencang, tubuh Anda akan terus membakar lebih banyak kalori bahkan saat Anda telah berhenti lari. Pada dasarnya, inilah cara kerja tubuh untuk membakar kalori dengan berlari. Berikut adalah satu contoh cara berlari yang baik untuk mendukung semakin banyaknya kalori yang dibakar selama dan setelah berlari:

  • 5 menit pemanasan
  • 1 menit lari cepat diikuti dengan 1 menit lari pelan. Ulangi sebanyak 5 kali.
  • 5 menit pendinginan

Pastikan bahwa Anda meluangkan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam sebelum makan sesuatu setelah lari. Jeda menahan lapar ini memungkinkan tubuh berkesempatan untuk puasa dan membakar kelebihan lemak. Alhasil, berat badan Anda bisa turun dengan lebih cepat lagi.(SBS/HS)

 

You might also like
Comments
Loading...