Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Pasar Lama Kota Serang, Sentra Kelapa Muda Murah dan Berkualitas

Serang, (24/10/2018) Satubanten.com – Penjual kelapa muda di sekitar Pasar Lama Kota Serang tampak berbaris di sepanjang jalan. Disana banyak terdapat kelapa muda dengan kualitas yang sangat baik.

Selain kualitas yang baik, harga kelapa muda ditempat ini terbilang cukup murah. Harga dari satu buah kelapa muda hanya Rp 6.000, sedangkan untuk kelapa ijo dijual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per buahnya, tergantung dari besar kecilnya ukuran buah kelapa.

“Kalau kelapa muda biasa, harga satunya Rp 6.000. Tapi kalau kelapa ijo itu lebih mahal, ada yang Rp 10.000 per buahnya, ada juga yang Rp 15.000 per buahnya, tergantung dari besar kecilnya ukuran buah kelapa,” kata Hayumi (61) salah satu penjual kelapa muda di Pasar Lama Kota Serang.

Alasan harga kelapa ijo lebih mahal, karena banyak manfaat dan dapat mengobati sejumlah penyakit. “Kelapa ijo kan emang mahal ya, soalnya banyak manfaat sama bisa ngobatin beberapa penyakit juga kan. Ditambah lagi, kelapa ijo itu juga gak terlalu banyak kayak buah kelapa lainnya, jadi agak mahal,” ujarnya.

Selain dijual satuan, dia juga sudah memiliki pelanggan tetap seperti di beberapa hotel dan restoran yang ada di Kota Serang. Sedangkan kelapa muda yang tidak laku terjual, biasanya dibeli oleh pedagang es kelapa muda dan es tung-tung.

“Kelapa muda ini kan bertahan sekitar 3 hari, kalau lewat jadinya agak tua terus dagingnya jadi agak keras. Nahh, kalau itu biasanya dibeli sama tukang es kelapa muda terus tukang es tung-tung,” katanya.

Dalam satu hari, rata-rata Hayumi dapat menjual kelapa muda sekitar 100 buah, dan jika sedang ramai dalam sehari dia bisa menghabiskan sekitar 300 buah kelapa muda.

Dan kebanyakan kelapa-kelapa tersebut dia dapatkan dari Gunungsari, Taktakan Kota Serang, hingga kawasan Cinangka-Anyer, Kabupaten Serang. (SBS/029)

Comments
Loading...