Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Manfaat unik permen karet

Kesehatan, (02/10/2018) Satubanten.com – Siapa yang tidak suka dengan permen karet? Permen karet banyak digemari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, dan beruntunglah bagi anda yang gemar mengunyah permen karet karena dengan mengunyah permen karet anda mendapat banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya.

Meningkatkan daya ingat dan kekuatan mental, kenapa? Karena permen karet dapat meningkatkan aktifitas otak dan dapat meningkatkan satu memori. Stimulus pada otak dalam menyimpan memori mungkin berhubungan dengan gerakan mengunyah. Ketika mengunyah permen karet, hippocampus (bagian otak yang mengontrol memori) akan dirangsang. Selain itu, permen karet dapat meningkatkan detak jantung dan membantu memberikan oksigen ke otak secara efektif.

Menurut hasil penelitian dari Coventry University menyebutkan kalau mengunyah permen karet mampu membuat lebih sadar dan tidak mengantuk. Sebab dengan mengunyah permen karet asupan oksigen ke otak meningkat.

Selain itu, Manfaat kesehatan yang lain dari mengunyah permen karet adalah dapat meredakan stres. Sebab dengan mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat cortisol (hormon stres) dalam tubuh. Cortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika tubuh dalam keadaan tegang, sehingga menyebabkan stres.

Mengunyah permen karet juga mampu memperbaiki sistem pencernaan. Karena mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur dalam mulut lebih banyak dan asam diperut untuk mencerna makanan lebih cepat.

Permen karet bebas gula dapat meningkatkan kesehatan mulut karena merangsang produksi air liur, yang merupakan salah satu sumber utama yang menjaga mulut tetap sehat. Air liur memiliki sifat antibakteri yang dapat menyiram sisa-sisa makanan, gula dan asam berbahaya lainnya dalam mulut.

Permen karet juga dapat membantu membakar kalori, terutama jika permen karet yang bebas gula. Permen karet mungkin merupakan salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Selain itu, permen karet bebas gula mengandung kalori sangat sedikit yang akan menjadi makanan ringan yang ideal.

Menurut hasil penelitian seorang ahli Amerika mengatakan kalau mengunyah permen karet setiap hari selama 15 menit sangat baik bagi kecantikan. Sebab dengan mengunyah permen karet otot-otot diwajah bergerak dan dapat mengencangkan kulit sehingga memperlambat keriput.

Sebuah penelitian di tahun 2002 menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat menstimulasi beberapa daerah di otak. Kondisi ini, bisa mengurangi stres, serta lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi di otak lebih lama. So.. kunyah terus ya permen karetnya, udah tau kan berapa banyak manfaat dari mengunyah permen karet, salam sehat untuk kita semua banteners. (SBS/029)

Comments
Loading...