Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Manfaat Dan Kerugian Kopi Bagi Tubuh

Satubanten.com, (26/09/2018) – Kopi merupakan minuman yang berasal dari ekstrak biji kopi yang di olah, awalnya kopi digunakan sebagai makanan yang berenergi tinggi karena kandungan kafeinnya. Dalam dunia kedokteran, kafein sering juga digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin dalam tubuh.

Penggunaan kafein dalam dosis rendah dapat berfungsi sebagai pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N402. Jumlah kandungan kafein yang terdapat dalam kopi adalah 1-1,5% sedangkan kandungan kafein yang terdapat pada teh lebih tinggi yaitu 1-4,8%.

Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin. Dalam mekanisme kerja kafein di tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin yaitu senyawa dalam sel otak yang membuat orang cepat tidur. Kafein tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk dan muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka, jantung berdetak kencang, tekanan darah naik, semua otot dan syaraf berkontraksi serta hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Sebab itulah jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utama serta obat pereda nyeri dan sakit kepala yang kandungan di dalamnya terdapat kafein.

Untuk para penggemar kopi sebaiknya jangan minum terlalu berlebihan walaupun banyak berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh ternyata kafein dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Dalam sebuah penelitian yang dimuat Journal Of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry pada tahun 2002 menyimpulkan bahwa meminum kopi lebih dari 5 gelas dalam sehari dapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kafein juga dapat menyebabkan efek ketergantungan, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah serta sulit tidur atau insomnia. (SBS/Panda)

You might also like
Comments
Loading...